Siaga Bencana, Ketua DPRD Kota Mojokerto Ajak Warga Siapkan Perlengkapan dan Makanan Darurat

Siaga Bencana, Ketua DPRD Kota Mojokerto Ajak Warga Siapkan Perlengkapan dan Makanan Darurat Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto ketika menyosialisasikan perlunya bekal darurat pada masa bencana.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kondisi geografis tanah air yang tak menentu belakangan ini memicu kekhawatiran banyak pihak. Tak terkecuali Sunarto.

Ketua itu bahkan secara terbuka mengajak warga menyiapkan kaos, pampers, sarung, dan mi instan. Warning ini ia wartakan sebagai bagian dari siaga di musim bencana seperti saat ini.

"Kalau terjadi bencana, kita tidak bisa mengharapkan pertolongan sepenuhnya kepada siapa pun. Apa yang kita perlukan jika kena musibah, kali pertama adalah makanan, kaos, pampers, dan sarung seperti ini. Dan kita siap," ujar Sunarto saat membuka giat serap aspirasi masyarakat di kediamannya Jalan Nangka, Perumahan Magersari Indah, Sabtu (11/12) petang.

Didampingi Ery Purwanti, Ketua Fraksi PDI Perjuangan , Sunarto memperlihatkan satu per satu item darurat dalam tas rangsel yang ia bawa.

"Saya ke mana-mana menyiapkan ini, makanan instan untuk jaga-jaga. Popok orang tua dan bayi, serta kaos untuk persiapan. Sarung ini yang terpenting, ini multifungsi bisa buat selimut," paparnya sambil menunjukkan barang bawaannya.

Berdasarkan pengalaman, bantuan penanganan bencana datang dua atau tiga hari kemudian. "Ketika terjadi bencana, biasanya, bantuan datang dua atau tiga hari kemudian. Untuk menanggulangi itu kita sudah mengantisipasinya," imbuhnya.

Lanjutnya, setiap warga diimbau menyiapkan satu tas berisi empat item.

Meski berada dilingkup geografis yang cenderung aman, memiliki rekam jejak terkena bencana. Sekitar tahun 2005-an, daerah ini pernah diterjang banjir bandang akibat jebolnya tanggul sungai Brangkal.

Separuh lebih wilayah ini disisi selatan tergenang banjir lumpur hingga berhari-hari yang menyebabkan aktivitas masyarakat terhenti. Sunarto mengingatkan daerah juga berada dibawah debit air Sungai Brantas. "Kalau tanggul Brantas jebol, kate ngomong opo kita," pungkasnya. (yep/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jayapura Dilanda Longsor dan Banjir':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO