Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Pemkab ​Banyuwangi Kirim Relawan dan Paket Sembako ke Lumajang

Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru, Pemkab ​Banyuwangi Kirim Relawan dan Paket Sembako ke Lumajang Tim Banyuwangi Peduli Semeru yang diberangkatkan ke Lumajang.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pemkab mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako, Peduli Semeru, ke Lumajang, Minggu (5/12/2021).

"Ini adalah duka kita semua. Semua harus bergerak cepat membantu. Kami sebagai tetangga dekat Lumajang, berkewajiban untuk membantu saudara kami di sana. Bertahap, bantuan akan kami salurkan. Saat ini, apa yang bisa kami bantu, kami kirim lebih dulu, terutama tenaga relawan," kata Bupati Ipuk Fiestiandani, Minggu (5/12/2021).

Tim Peduli Semeru tersebut telah diberangkatkan ke Lumajang dan dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) , Mujiono.

Tim tersebut terdiri tenaga kesehatan, Taruna Siaga Bencana (Taggana), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) . "Relawan ini kami kirim untuk membantu saudara-saudara kita di Lumajang," kata Mujiono.

Mujiono menjelaskan, Tim Peduli Semeru terdiri dari 5 personel BPBD serta 1 truk tangki air bersih, 1 mobil sembako dan alat pelindung diri (APD), 10 personel Tagana, 4 personel tenaga kesehatan, 1 mobil rescue, 1 ambulans, dan 1 mobil dapur umum.

Untuk dapur umum menurut Mujiono, telah menyiagakan dan mengirimkan ke Lumajang, namun menunggu asesmen dari BPBD Pemprov Jatim. "Khusus untuk dapur umum telah menyiagakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh BPBD Jatim," kata Mujiono.

Mujiono berpesan agar para Tim Relawan bisa berkoordinasi dengan baik bersama para Tim BPBD Jawa Timur. "Koordinasi yang baik dengan tim yang ada di Lumajang. Patuhi perintah, dan yang terpenting selalu jaga keselamatan dan kesehatan," tambah Mujiono.

Sebelumnya diketahui, Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. (guh/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO