Resmi Dilantik, DPC PA GMNI Tuban Diminta Berkontribusi Terhadap Pembangunan di Desa

Resmi Dilantik, DPC PA GMNI Tuban Diminta Berkontribusi Terhadap Pembangunan di Desa Anom Surahno foto bersama DPC PA GMNI Kabupaten Tuban usai dilantik, Sabtu (20/11).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia () Kabupaten Tuban resmi dilantik, Sabtu (20/11).

Bertempat di Gedung Serbaguna BUM Desa Karangagung, Kecamatan Palang, proses pengambilan sumpah dan janji dipimpin Ketua Bidang Agraria, Pertanian dan Kehutanan DPP PA , Anom Surahno.

"Memang beda, jika biasanya pelantikan di kota, kita di desa," kata Ketua DPC PA Tuban, Amir Burhannudin saat sambutan usai dilantik.

Menurut Amir, desa adalah pilar dari negara. Jadi, jika 311 desa dan 17 kelurahan yang ada di Tuban maju, maka kabupatennya secara otomatis juga akan maju.

"Jadi, biarkan para pengurus PA Tuban ini memperkuat basis di desa, memberikan kontribusi nyata atas problem masyarakat bawah," ujarnya.

CEO Deltras Sidoarjo itu juga menambahkan, jika PA bersifat plural atau majemuk. Dengan begitu, kader yang ada di dalamnya dibebaskan dalam menentukan karirnya di bidang politik.

"Sekali lagi desa adalah pilar pemerintahan, PA siap menjadi mitra untuk memperkuat elemen pemerintahan desa dalam segala sendi-sendi kehidupan sosial," ucap pria yang juga sebagai wakil ketua Asprov PSSI Jatim ini.

"Jika berbicara pada tataran desa, maka alumni akan bersinggungan dengan para petani. Selain itu juga, ada kelas buruh di tatanan kehidupan sosial lainnya. Dengan begitu, peran alumni sangat dibutuhkan bagi kaum buruh dan petani," ujarnya.

Karena itu, ia mengaku sangat senang pelantikan DPC PA dilaksanakan di desa. Ia berharap setelah dilantik, para pengurus PA tuban segera memulai gerakan turun ke desa.

"Jika diimplementasikan, petani butuh akses yang berkolaborasi dengan kecanggihan teknologi, maka alumni bisa memberi pendampingan," tutur Anom yang juga sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur.

"Sekarang, gadget sudah banyak yang pegang, tinggal pemanfaatannya. Misal, untuk mengakomodir gerakan petani, baik di bidang pasar, riset dan lain-lain. Di sinilah peran alumni bisa dilihat," pungkasnya. (gun/ian)

Berikut susunan pengurus DPC PA Tuban 2021-2026.

1. Ketua: Amir Burhannudin, S.H.

2. Wakabid Organisasi, Keanggotaan

dan Kaderisasi: Saifun Nasir, S.Pd, S.H.

3. Wakabid Ekonomi Kreatif dan

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO