Hari Pahlawan, Khofifah Puji Capaian Unair dan ITS, Berhasil Kembangkan Vaksin dan Kendaraan Listrik

Hari Pahlawan, Khofifah Puji Capaian Unair dan ITS, Berhasil Kembangkan Vaksin dan Kendaraan Listrik Gubernur Khofifah menyaksikan penyerahan bibit Vaksin Merah Putih secara simbolis oleh Rektor Univesitas Airlangga Muhammad Nasih kepada Direktur PT Biotis, FX Sudirman di Aula Gedung Garuda Mukti, Selasa (09/11/2021) lalu. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga dengan capaian inovasi dan terobosan yang dilakukan dua perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yakni Universitas Airlangga () dan Insititut Teknologi Sepuluh Nopember (), yang keduanya berada di Kota Surabaya ini.

Di momen peringatan ini, dua perguruan tinggi yang juga lahir pada 10 November tersebut menurut Khofifah mampu memberi sumbangsih besar kepada Indonesia. Universitas Airlangga berhasil mengembangkan yang telah selesai uji pra klinis dan rencananya akan dilakukan uji klinis dalam waktu dekat.

Tepat di momentum ini, berhasil menyelesaikan fase uji pra klinis Vaksin Merah Putih guna mendukung upaya mencegah penyebaran virus SARSCov-II yang berhasil dikembangkan oleh para peneliti . Vaksin Merah Putih ini, bahkan sudah diserahkan dari kepada PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia untuk dilanjutkan riset klinis di RS. dr. Soetomo sekaligus didaftarkan di WHO.

"Secara natural, penyiapan vaksin membutuhkan waktu hingga sepuluh tahun. Namun di sini, tim hanya membutuhkan waktu tidak sampai dua tahun. Hal ini bukti pengaruh penting dari transformasi digital dan teknologi dalam proses tersebut," tutur gubernur perempuan pertama Jatim ini.

Khofifah pun menyatakan siap menjadi relawan uji klinis Vaksin Merah Putih yang rencananya akan dilakukan di RSUD dr. Soetomo, Kota Surabaya. Menurut Khofifah, inisiatif ini sebagai upaya mempercepat hadirnya vaksin buatan dalam negeri sehingga tidak bergantung pada vaksin dari luar negeri.

Selanjutnya, peran juga besar menginspirasi kemajuan bangsa dengan berhasil menciptakan Sepeda motor Listrik atau Skuter Listrik "Gesits" yang merupakan singkatan dari Garasindo Electric Scooter Institut Teknologi Sepuluh November. Semakin membanggakan karena Gesits telah melakukan ekspor perdana ke Senegal, pertengahan Bulan Oktober 2021 lalu. Sebanyak satu kontainer Motor Listrik Gesits dilepas dari Pabrik WIMA di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi-Bogor.

Saat test drive Gesits di Ponorogo, Khofifah menyebut bahwa skuter tersebut baik dan laik jalan karena nyaris tanpa suara berisik alias halus dan tarikan oke. Yang paling utama, kata dia, skuter listrik Gesits ramah lingkungan karena dapat mengurangi dampak pencemaran udara akibat gas CO2 hasil pembakaran dari mesin motor. Artinya, kata dia, udara dihirup akan menjadi lebih bagus kualitasnya dan lebih sehat tentunya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO