Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional, Ini Kata Wali Kota Dewanti

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional, Ini Kata Wali Kota Dewanti Kepala BPN Kota Batu, Ir R Haris Suharto menyerahkan sertifikat tanah disaksikan Wali Kota Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - , Dewanti Rumpoko menjadi inspektur upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ke-61 (Hantaru 2021) yang digelar Kantor Pertanahan Kota Batu, Jumat (24/9) pagi.

Wakil , forkopimda, serta undangan lainnya ikut hadir dalam upacara tersebut. Dalam peringatan Hantaru 2021 yang mengusung tema ‘Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ ini, enam orang pegawai Kantor Pertanahan Kota Batu dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya.

Dewanti Rumpoko yang membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, baik di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota atas kerja kerasnya. Sehingga dapat mencapai target Program Strategis Nasional terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ().

“Di samping reformasi agraria, percepatan tata ruang, pengadaan tanah, pengendalian ruang, dan penanganan sengketa pertanahan juga mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan,” kata dia.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan transparan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah menggagas program transformasi digital.

“Layanan pertanahan berstandar dunia ini dapat diakses masyarakat secara elektronik dari mana saja dan kapan saja. Sehingga menjadi efektif, efisien dan transparan,” imbuh Wali Kota ketika membacakan sambutan.

“Kami, Pemkot Batu dan BPN telah bekerja sama untuk sertifikasi seluruh tanah di Kota Batu, terutama aset Pemkot Batu,” kata wali kota usai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada 12 perwakilan penerima.

Sementara itu Kepala BPN Kota Batu, Ir R Haris Suharto menjelaskan, pihaknya masih terus berusaha untuk menyelesaikan masalah sertifikat di Kota Batu agar mendapatkan legalitas. “Dari target 13.500 sertifikat, sudah kami selesaikan sekira 10.500 sertifikat,” kata Haris.

“Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI juga sudah merilis aplikasi Loketku, di mana masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan (kantah) se-Indonesia dari rumah,” pungkas Haris. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO