H Syafiuddin: BEM dan BLM Harus Proaktif dan Mandiri Bentuk Kebijakan Mahasiswa

H Syafiuddin: BEM dan BLM Harus Proaktif dan Mandiri Bentuk Kebijakan Mahasiswa H Syafiuddin, Anggota DPR RI.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Badan Eksekutif () dan Legislatif Mahasiswa (BLM) dituntut proaktif dan mandiri membentuk kebijakan . Hal ini disampaikan H. Syafiuddin, Anggota DPR RI, saat menjadi keynote speaker di webinar yang digelar oleh Fakultas Usuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) surabaya, Kamis (29/9/2021).

"Pemerintahan membutuhkan peran optimalisasi dari dewan perwakilan , dan harus proaktif menyerap aspirasi ," kata Syafiuddin.

Menurutnya, saat ini peran Badan Eksikutif Mahasiswa () dalam praktiknya selaras dengan peran anggota DPR RI yang memiliki fungsi legislasi, fungsi anggaran (budget), dan fungsi pengawasan.

Saat ditanya oleh peserta webinar terkait peran dan fungsi senat di lingkungan kampus, menurut Syafiuddin, yang terpenting adalah aktif menghidupkan lingkungan kampus.

"Oleh sebab itu, penting membangun sinergitas dan berkolaborasi dengan berbagai elemen," ujarnya.

Terkait lembaga yudikatif di lingkungan organisasi kampus, ia mengatakan peran itu ada di bawah rektor universitas. "Karena rektor merupakan pemengang kekuasaan tertinggi di universitas," pungkas politikus PKB ini. (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO