Jumlah Pemilih di Kabupaten Kediri per Bulan Agustus Alami Penurunan

Jumlah Pemilih di Kabupaten Kediri per Bulan Agustus Alami Penurunan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode bulan Agustus 2021.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jumlah pemilih DPB (Daftar Pemilih Berkelanjutan) di Kabupaten Kediri pada periode bulan Agustus 2021 ditetapkan sebesar 1.245.245. Penetapan DPB dilakukan pada Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih yang digelar KPU Kabupaten Kediri, Rabu (1/9).

Jumlah DPB tersebut mengalami penurunan sebanyak 943 pemilih dibanding pada bulan Juli, yang ditetapkan sebesar 1.246.188 pemilih.

Menurut Eka Wisnu Wardhana, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, penurunan disebabkan adanya pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) sebanyak 2.019. Perinciannya meninggal dunia 1.268 dan pindah domisili/keluar sebanyak 751 orang.

Sementara jumlah pemilih baru sebanyak 1.076, yang terdiri dari pemilih pemula sebanyak 303, pindah masuk/datang sebanyak 765, dan purnawirawan TNI sebanyak 8 orang.

"Sehingga, jumlah daftar pemilih hasil pemutakhiran berkelanjutan di bulan Agustus adalah 1.245.245 pemilih," sebutnya.

Wisnu mengatakan, tingginya data kematian yang diterima oleh KPU Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa masyarakat mulai peduli dengan administrasi kependudukan. Dalam hal ini, warga yang mengaurus dokumen akta kematian di dispendukcapil semakin meningkat.

"Selain itu, KPU Kabupaten Kediri juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap instansi terkait terutama Dispendukcapil Kabupaten Kediri atas dukungan dan kontribusi serta sinergi dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan guna mewujudkan data pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir," pungkasnya. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO