Mahfud MD: Negara Kaum Muslimin Harus Inklusif dan Kosmopolit

Mahfud MD: Negara Kaum Muslimin Harus Inklusif dan Kosmopolit Mahfud MD. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi umat Islam, mempunyai negara adalah sunnatullah karena negara diperlukan untuk menjaga maqashid al syar'i (tujuan syari'ah). Maqashid al syar'i itu ada lima, yakni menjaga agama (dien), menjaga jiwa (nafs), menjaga akal (aql), menjaga keturunan (nasab), dan menjaga harta (mal).

Hal itu disampaikan Mahfud MD pada acara silaturahmi dengan tokoh agama dan pimpinan forkompimda se-Jawa Timur secara virtual, Selasa (31/8/2021) malam. Mahfud melanjutkan bahwa ketika menyampaikan risalah Islam dan memimpin umat Islam, juga mendirikan negara Madinah.

"Negara Madinah yang dibangun oleh nabi bersifat inklusif dan kosmopolit, yakni mempersatukan warga yang berbeda suku, ras, dan agama secara berkeadaban (madany) dengan toleransi, perlindungan hak manusia sesuai maqashid al syar'i yakni melindungi HAM dan membangun kesejahteraan umum dengan penegakan hukum dan keadilan," lanjut Mahfud.

Mahfud MD menegaskan bahwa prinsip mendirikan negara itu adalah mewujudkan maqashid al syar'i, sedangkan sistem dan bentuk negaranya boleh apa saja seperti demokrasi, monarki, presidensial, parlementer, kerajaan, republik, imarah, mamlakah, dan sebagainya, yang penting prinsip maqashid al syar'i dipelihara.

Islam, kata Mahfud, tidak mementingkan bentuk atau sistem tertentu tetapi mementingkan substansi (al jawhar) sesuai dengan kaidah, al ibrah fil Islam bi al jawhar la bi al madzhar.

"Negara Indonesia berdasar Pancasila merupakan produk perjuangan dan ijtihad ulama dan umat Islam yang bersama warga lainnya merebut kemerdekaan dari kolonialisme," ujar Mahfud MD didampingi Wamenag Zainud Tauhid, Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, Sesmenko Polhukam Letjen Tri Suwandono, dan para pejabat Eselon I Kemenko Polhukam dalam acara yang dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak serta Pangdam dan Kapolda Jatim tersebut.

Acara silaturahmi yang dihadiri oleh ribuan orang melalui lebih dari 950 saluran virtual itu juga mendialogkan penanganan Covid-19. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaporkan penanganan Covid-19 yang masih memerlukan keseriusan dan dukungan para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ormas-ormas keagamaan.

Mahfud MD mengapreasi karena penangan Covid-19 di Jatim berjalan cukup baik dan terus melandai. "Meski angka absolut positivity rate dan angka mortality rate agak tinggi tapi angka relatifnya masih cukup baik jika diletakkan dalam bingkai national rate karena penduduk Jawa Timur sangat besar, lebih dari 37 juta jiwa," kata Mahfud MD memberi apresiasi terhadap penanganan Covid-19 di Jawa Timur. (*/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO