Pemkab Sidoarjo Salurkan BLT DBHCHT Untuk 1.930 Buruh Pabrik Rokok

Pemkab Sidoarjo Salurkan BLT DBHCHT Untuk 1.930 Buruh Pabrik Rokok BERBINCANG: Wabup Sidoarjo Subandi menyapa buruh pabrik rokok usai penyerahan BLT DBHCHT, Senin (30/8/2021). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk 1.930 buruh pabrik rokok warga Sidoarjo, Senin (30/8/2021). BLT bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Sidoarjo itu diserahkan simbolis oleh Wabup Subandi kepada perwakilan buruh pabrik rokok, di PR Cengkir Mas Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin.

Sebanyak 1.930 buruh yang menerima BLT ini, berasal dari 41 perusahaan rokok di Sidoarjo. Setiap buruh menerima BLT senilai Rp 300 ribu per bulan dan akan diberikan selama 10 bulan. Penyerahan BLT juga dibarengi dengan sosialisasi ketentuan di bidang cukai terkait pemberantasan rokok ilegal.

Narasumbernya, Kasubag Penanaman Modal Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur, Shoviatusholiha, S.P., M.M. dan Pelaksana Bagian Penindakan Penyidikan dari Bea Cukai Sidoarjo Satriyo Herlambang.

Dalam kesempatan ini, Wabup Subandi berharap pemberian BLT seperti ini akan meningkatkan kesejahteraan buruh pabrik rokok warga Sidoarjo. Dengan bantuan tersebut diharapkan daya beli masyarakat akan meningkat di era pandemi Covid-19. Dengan begitu roda perekonomian di Kabupaten Sidoarjo akan terus berputar dan membaik di masa pandemi saat ini.

Wabup juga meminta kepada perusahaan rokok untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan. Legalitas dan perizinan wajib dikantongi. Dengan begitu perusahaan rokok dapat menjalankan usahanya dengan lancar. Tidak lagi menjadi kejar-kejaran aparat berwenang.

Ditambahkan Wabup Subandi, industri rokok membantu pemerintah dalam penerimaan negara di bidang tembakau dan cukai. Oleh karenanya diharapkan perusahaan rokok yang ada dapat bersinergi dalam pembangunan. "Industri rokok ini membantu pemerintah dalam penerimaan negara dibidang tembakau dan cukai sehingga berkontribusi dalam pembangunan," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO