Berikan Bantuan Benih Ikan Koi, Wali Kota Kediri: Beternak Ikan Hias Memiliki Potensi Besar

Berikan Bantuan Benih Ikan Koi, Wali Kota Kediri: Beternak Ikan Hias Memiliki Potensi Besar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri M. Ridwan saat menyerahkan bantuan bibit ikan koi kepada Ifan, perwakilan petani koi Kelurahan Gayam. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan benih ikan koi kepada kelompok petani ikan koi di Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (26/8/2021). Bantuan benih ikan tersebut untuk mendorong produktivitas serta peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Kurang lebih 10 ribu benih ikan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri. Terdapat dua jenis benih ikan yang diberikan, yakni koi kujaku doitsu dan koi chagoi.

Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri, mengungkapkan bahwa beternak ikan hias memiliki potensi yang besar. Apalagi di Kota Kediri memiliki lahan yang terbatas, sehingga beternak ikan hias dinilai sangat tepat. Ikan koi pun banyak penikmatnya, sehingga akan banyak dicari.

“Nantinya kalau mau dibuat pariwisata di sini sangat bisa. Bapak Ibu sudah punya potensi yang sangat baik, yakni petani koi. Saya dari dulu bilang ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri bahwa memang kalau kita mau beternak ayam atau sapi di Kota Kediri itu sulit. Kita harus cari beternak apa yang tidak bau dan bersahabat dengan tetangga. Paling mudah ya beternak ikan," ujarnya.

Menurut Abu Bakar, Kelurahan Gayam memiliki potensi yang besar untuk budi daya koi. Kelompok petani ikan koi harus berkolaborasi bersama masyarakat sekitar. Harus dikelompokkan bagian bertani dan bagian penjualannya. Media sosial harus dimanfaatkan untuk memasarkan ikan koi-nya nanti.

"Semua harus berkolaborasi. Lihat dan belajar pada mereka yang sudah berhasil. Lalu lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Nanti kalau sudah jalan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri bisa menyiapkan induk yang bagus. Kuncinya harus telaten, Insya Allah nanti akan berhasil," tutupnya.

Sementara itu, Ifan, perwakilan dari petani atau pembudi daya ikan koi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kediri yang telah memberikan bantuan benih ikan koi. Saat ini, lanjut Ifan, masyarakat sekitar mulai tertarik menggeluti ternak ikan koi.

"Terima kasih Pak Wali Kota dan Pemerintah Kota Kediri. Semoga ke depan terus dapat membimbing. Selama ini, kami memasarkan ikan koi secara online melalui Facebook dan Instagram. Semoga ke depan semakin berkembang dan berhasil," harap Ifan. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO