Sambangi Pengungsi Bencana Longsor, Bupati Kediri Minta Prioritaskan Kesehatan

Sambangi Pengungsi Bencana Longsor, Bupati Kediri Minta Prioritaskan Kesehatan Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno saat menjenguk korban longsor di Desa Blimbing Kecamatan Mojo. (Arif Kurniawan/BangsaOnline.com)

KEDIRI (BangsaOnline) - Musibah tanah yang menimbulkan kerusakan rumah warga dibeberapa dusun di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri mendapat perhatian tinggi dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Baliau datang mengunjungi dan memantau kondisi kesehatan serta kelengkapan prasarana warganya yang mengungsi di Ruang Kelas SDN Blimbing 1 Senin (2/3).

Dalam kesempatan tersebut dr.Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan, Tim Kesehatan akan selalu melakukan pemantauan dan siap melakukan pelayanan penuh terhadap kesehatan para pengungsi selama 24 jam.

“Kami meminta tim kesehatan bekerja ekstra 24 jam memantau kondisi para pengungsi,” ujar bupati.

Pada kunjungan tersebut dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Camat Mojo, Dokter Puskesmas, Kepala Desa Blimbing dan Sekretaris BPPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Selain memantau kondisi kesehatan para pengungsi Bupati juga menyerahkan beberapa bantuan langsung kepada para pengungsi dan memantau logistik yang ada di Balai Desa Blimbing.

Pada saat meninjau dan memantau warganya di pengungsian, dr.Hj. Haryanti Sutrisno juga menyempatkan diri dialog secara langsung dengan para pengungsi. Dalam dialog tersebut warga sangat senang dan antusias serta tidak menyia-nyiakan kesempatan meminta kepada dr. Hj. Haryanti Sutrisno untuk segera merelokasi mereka ketempat yang baru agar lebih aman.

Menanggapi permintaan warga tersebut, dr.Hj. Haryanti Sutrisno bersama BPPD dan Instansi terkait telah membicarakan dan mempersiapkan lahan yang layak dan aman untuk para pengungsi. Selanjutnya BPPD dan Instansi terkait akan menindaklanjuti dengan pengurusan lahan yang sesuai tersebut kepada Departemen Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk proses ijin pembangunan rumah-rumah pengungsian.

Pada akhir kunjungan dr.Hj.Haryanti Sutrisno meninjau kondisi dapur umum yang berlokasi tidak jauh dari tempat pengungsian. Beliau memberi semangat para petugas dan berpesan agar jangan sampai ada pengungsi yang merasa kelaparan. Untuk itu ketersedian logistik dan keperluan lainnya jangan sampai kehabisan atau stoknya telat, jika stok logistik sudah menipis harus segera dilaporkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Longsornya Gunung Batu Alam Cirebon':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO