Miliki Gedung Baru, Fatayat Tuban Siap All Out Dampingi Masyarakat

Miliki Gedung Baru, Fatayat Tuban Siap All Out Dampingi Masyarakat Peresmian Graha Sakinah Tuban (GST) oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Cabang (PC) NU Kabupaten Tuban kini telah resmi memiliki gedung baru yang dinamai Graha Sakinah Tuban (GST) di Jalan KH. Mustain.

Setelah diresmikan pada beberapa hari yang lalu itu, Tuban siap dan berkomitmen memberikan pendampingan pada masyarakat. Terutama, mengenai 3 program di antaranya pelayanan konseling keluarga, kelas pra nikah, dan sekolah ibu (Sakinah).

"Tiga program itu sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jatim nomor: 474.14/ 810/109.5/2021 tentang Pencegahan Perkawinan Anak," ujar Ketua PC NU Kabupaten Tuban, Hj Umi Kulsum saat ditemui di Kantor , Minggu (13/6).

Kata dia, NU Tuban juga siap all out dalam mewujudkan visi misinya. Yaitu mewujudkan ketahanan keluarga sakinah mawaddah warohmah, menekan angka perceraian, dan meminimalisir angka pernikahan usia dini di Kabupaten Tuban.

"Alhamdulillah, pembangunan gedung ini hasil swadaya iuran dari anggota dan kader yang terkumpul Rp 270 juta. Dan terima kasih juga kepada KH. Fathul Huda Bupati Tuban yang telah memberikan support bantuannya senilai Rp 25 juta," terang perempuan yang juga meniabat sebagai Kasi Haji dan Umroh di Kemenag Tuban ini.

Umi menjelaskan, GST ini berdiri di tanah wakaf PBNU yang ada di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Ke depan fungsi gedung ini lebih mengutamakan permasalahan keluarga. Seperti, mencegah perceraian, pernikahan dini, dan berbagai persoalan lainnya.

Pasalnya, angka perceraian dan pernikahan usia dini di Kabupaten Tuban sangat tinggi. Salah satu penyebab perceraian di antaranya adalah karena banyaknya pernikahan usia dini ini. Sehingga, sebagai salah satu organisasi sosial keagamaan yang anggotanya para ibu-ibu muda diharapkan bisa ikut andil menangani persoalan itu.

"Nantinya program sosial tersebut akan disinergikan dengan dinas terkait seperti Kementerian Agama, dinas sosial, dan dinas lain yang punya program sama," bebernya.

Umi menjabarkan, dalam GST terdapat beberapa fasilitas, antara lain ruang konsultasi keluarga, ruang selter, dan ruang kelas sakinah dan pra nikah. Fasilitas-fasilitas itu diharapkan dapat difungsikan dengan baik demi kebaikan para kader serta masyarakat.

"Monggo masyarakat bisa datang ke GST jika ada masalah dalam keluarga," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO