ARCI Umumkan Tiga Tokoh Penguat Pendidikan Jawa Timur

ARCI Umumkan Tiga Tokoh Penguat Pendidikan Jawa Timur Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan 2021 yang jatuh pada 2 Mei 2021 kali ini, mengambil tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar.” Banyak cara untuk menyemarakkan yang jatuh selang dua hari peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 H pada 29 April kemarin.

Di antara yang paling menarik adalah penganugerahan 3 Tokoh Penguat Pendidikan Jawa Timur oleh lembaga riset, Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Disampaikan oleh Direktur, Baihaqi Siraj, secara virtual pada Minggu (2/5/2021), bahwa pihaknya telah melakukan riset secara online untuk menentukan tiga tokoh potensial yang layak mendapatkan penghargaan. Penentuan kategori adalah berbasis pesantren, birokrasi, dan milenial.

"Berbasis pesantren kami pilih karena Jatim merupakan masyarakat yang masih kental dengan nuansa religi, terutama didominasi kultur hijau Nahdliyyin. Basis pesantren ini secara tidak langsung mewakili figur akademisi karena pesantren juga bagian dalam akademisi. Berbasis birokrasi karena kami ingin mengukur apakah masyarakat telah meresapi makna Jatim Bangkit yang digelorakan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang mana Jatim Bangkit ini berkaitan dengan perkembangan pendidikan di Jatim. Kemudian berbasis millenial karena fondasi kelangsungan pendidikan adalah di tangan generasi millenial. Khusus millenial, kami memfokuskan ini pada masyarakat biasa yang peduli dengan pendidikan, yaitu dunia literasi," urainya.

Baihaki berharap kategori tersebut tidak tumpang tindih karena semua tokoh yang mendapat penganugerahan, memiliki identitas yang sangat berbeda. “Semuanya memiliki ciri khas dan sangat tepat sesuai kategorinya," tambahnya.

Dijelaskan secara virtual, bahwa kategori adalah: Tokoh Pendidikan Islam Kultural Jatim, Tokoh Pendidikan Vokasi dan Kewirausahaan Jatim, Tokoh Literasi Millenial Jatim, dan beberapa kategori lainnya.

“Tokoh Pendidikan Islam Kultural Jatim diambil dengan indikator kepedulian eksistensi Pesantren dalam membentuk karakter santri yang siap menghadapi tantangan zaman. Santri yang ditempa dalam kalangan pesantren adalah semua generasi. Karena spirit dakwah pesantren bisa dirasakan oleh semua pihak, termasuk yang tidak nyantri secara full dalam lingkungan kompleks pesantren. Pentingnya Islam Kultural karena kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan santri jaman dulu. Dan nilai-nilai dalam Islam sangat penting sebagai ruh pendidikan.”

“Tokoh Pendidikan Vokasi dan Kewirausahaan Jatim diambil dengan indikator pihak birokrasi yang secara nyata berperan membentuk pendidikan yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang kaitannya dalam kewirausahaan. Keahlian ini bisa didapat oleh generasi yang sudah cukup usia, yaitu siswa SMA atau SMK. Di usia tersebut, mereka mampu menerapkan keahlian yang diajarkan.”

“Tokoh Literasi Millenial Jatim diambil dari sosok masyarakat yang tidak memiliki jabatan strategis dalam pemerintahan namun memiliki spirit menguatkan pendidikan dengan caranya sendiri. Semisal, memiliki spirit membuat tulisan dan giat sosial yang secara nyata mendukung penguatan pendidikan, yang mana tindakannya bersumber dari swadayanya sendiri.”

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO