Audiensi dengan USAID Mitra Kunci, Pemkot Surabaya Ingin Berdayakan para Penyandang Disabilitas

Audiensi dengan USAID Mitra Kunci, Pemkot Surabaya Ingin Berdayakan para Penyandang Disabilitas Para penyandang disabilitas yang bekerja sebagai staf di lingkungan Pemkot Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menerima audiensi dari United States Agency for International Development (USAID) Mitra Kunci di Ruang Sekretaris Daerah, Rabu (28/4/2021).

Dalam audiensi tersebut, rombongan dari USAID Mitra Kunci membahas program terbarunya bertajuk Penguatan Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan bagi Penyandang Disabilitas. Rencananya, program tersebut bakal disinergikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Pada kesempatan itu, Armuji langsung merespons positif program Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan bagi Penyandang Disabilitas itu. Bahkan, dia juga memaparkan keberhasilan program pemkot khususnya pemberdayaan disabilitias dengan tujuan memberikan ruang dan kesempatan untuk berkarya.

"Mereka harus menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Kami berikan ruang itu, sehingga membuat orang tuanya merasa bangga. Anak-anak juga akan terus mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki," kata dia.

Armuji juga memperkenalkan ada tiga orang disabilitas yang bekerja sebagai stafnya. Meskipun di tengah keterbatasannya, mereka memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan orang-orang pada umumnya, mereka bekerja dengan baik dan dapat bekerja secara tim.

"Ada yang fotografer, bagian desain, dan membuat konten. Mereka sangat kompak dengan timnya, bisa seirama. Mereka juga responsif, tidak ketergantungan. Terkadang tidak menggunakan penerjemah," urainya.

Senada dengan hal tersebut, Koordinator Provincial Project USAID Mitra Kunci Yofianus Toni Sakera mengungkapkan rasa bahagianya karena apa yang dipaparkannya mendapat respons positif Wakil Wali Kota Armuji. Menurutnya, Surabaya memang memiliki tujuannya yang sama, yakni memberikan kesejahteraan para disabilitas.

"Senang sekali Pak Armuji memang sudah punya inisiatif sebelum kami datang sendiri ke sini. Jadi dengan kata lain kami semua justru terbalik yang terinspirasi dari apa yang beliau lakukan," ujarnya. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO