Peringati Hari Kartini, Pemkot Beri Layanan KB Gratis Khusus KTP Surabaya

Peringati Hari Kartini, Pemkot Beri Layanan KB Gratis Khusus KTP Surabaya Pelayanan KB gratis di salah satu puskesmas

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masih dalam rangka memperingati , Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis. Pelayanan tersebut, seiring dengan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pelayanan KB gratis ini diberikan kepada seluruh warga Surabaya. Tujuannya yakni meningkatkan cakupan pelayanan KB bagi masyarakat. Pelayanan KB gratis ini berlaku sejak 21 April sampai 9 Mei 2021 mendatang, di seluruh puskesmas yang tersebar se-Surabaya.

“Kami buat beberapa minggu agar para akseptor (penerima KB) dapat memanfaatkan program itu semasif mungkin,” kata Febria.

Untuk mekanismenya, penerima KB wajib ber-KTP Surabaya. Kemudian, para akseptor cukup mendatangi puskesmas terdekat di seluruh Surabaya dengan membawa KTP.

“Dari situ nanti petugas langsung memberikan pelayanan. Atau bisa menghubungi kader KB, untuk dibantu. Bisa membawa kartu BPJS bila ada atau langsung saja datang ke puskesmas," tambah dia.

Pelayanan KB yang diberikan mencakup semua jenis. Diantaranya yakni implan, IUD, suntik, pil maupun kondom. Semua diberikan secara gratis hingga 9 Mei mendatang. "Sejauh ini antusias warga dinilai sangat luar biasa. Sebab, tercatat sejak 21 April hingga kemarin (22/4/2021) jumlah akseptor sudah mencapai ratusan, yakni berjumlah 315 orang," katanya, Jumat (23/4/2021).

Febria yakin ke depan semakin banyak warga yang memanfaatkan pelayanan tersebut. Oleh sebab itu, dia terus mengajak untuk melaksanakan KB. (dra/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO