​Ikuti High Level Meeting, Wali Kota Kediri: Kerja Sama UMKM dan Petani Bisa Kendalikan Inflasi

​Ikuti High Level Meeting, Wali Kota Kediri: Kerja Sama UMKM dan Petani Bisa Kendalikan Inflasi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak pada segala aspek, terutama pada kesehatan dan ekonomi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Kediri juga mengalami turbulensi atau sedikit terkoreksi, atau dengan kata lain sedikit melambat. Namun, tingkat inflasi Kota Kediri masih di angka 1,9, artinya permintaan (demand) masih ada.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam High Level Meeting “Evaluasi dan Program Kerja TPID Kota Kediri Tahun 2021”, Selasa (16/3).

“Pengendalian Inflasi dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) ini adalah sebuah komitmen dari daerah yang harus kita jalankan bersama-sama. Dan ini akan jauh lebih baik jika pengendalian inflasi dan TP2DD dilakukan bersama-sama daerah se-wilayah kerja Kediri. Sehingga dampaknya akan sangat bagus,” kata Mas Abu, sapaan Wali Kota Kediri.

Wali Kota Kediri juga menuturkan, TP2DD adalah sebuah keniscayaan karena ke depan semuanya serba digital. Seperti dicontohkan, pedagang atau UMKM di Kota Kediri yang saat ini cenderung sepi order, namun mereka mencoba beralih menggunakan marketplace dalam berjualan. Hasilnya bisa dilihat dengan omzet yang meningkat, karena di marketplace permintaannya juga sangat tinggi.

“Kita juga terus mendorong dalam digitalisasi UMKM dan memang dalam hal ini juga harus ada campur tangan . Selain itu, kerja sama dengan para UMKM dan harus terjalin agar dapat mengendalikan inflasi. Daripada barang-barang dari itu diangkut orang lain, ini bisa bikin kacau dan pastinya barang akan ditimbun. Kalau sudah barang ditimbun, inflasinya bisa tidak terkendali,” tambahnya.

Lihat juga video 'Musim Kemarau Tahun ini Tak Sesuai Harapan Pengrajin Batu Bata Merah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO