​Kasus Korupsi Bupati Lampung Tengah, MAKI Minta Hakim Perintahkan Jaksa KPK Hadirkan Cak Imin

​Kasus Korupsi Bupati Lampung Tengah, MAKI Minta Hakim Perintahkan Jaksa KPK Hadirkan Cak Imin Boyamin Saiman. Foto: Antara

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia [MAKI] Boyamin Saiman memohon majelis hakim yang menyidangkan perkara suap dan gratifikasi mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa mengeluarkan surat penetapan. Yakni memerintahkan jaksa sebagai penuntut umum dari memanggil dan menghadirkan secara layak sejumlah orang ke dalam ruang persidangan pada PN Tipikor Tanjungkarang.

Menurut Boyamin, sejumlah orang yang dimohon agar dipanggil dan dihadirkan secara layak itu adalah mereka yang disebut-sebut terlibat atau patut mengetahui serta wajib untuk dimintai keterangan perihal penggunaan aliran hasil ijon proyek yang dilakukan Mustafa.

“Khususnya, menghadirkan Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan Purwati Lee selaku Vice President PT Sugar Group Companies, Khairudin Gustam, dam Ela Siti Nurmayah anggota Komisi XI DPR Fraksi ,” kata Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (8/3/2021).

Boyamin melihat, majelis hakim telah mengeluarkan pendapatnya bahwa keterangan-keterangan saksi pada persidangan Kamis, 4 Maret 2021 kemarin didominasi kebohongan.

Atas dasar itu, Boyamin ingin berada pada posisi memberi masukan kepada majelis hakim, untuk memanggil kedua orang tersebut. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar publik melihat bahwa majelis hakim masih berada dalam posisi membuat perkara tersebut terang benderang.

"Semestinya hakim meminta jaksa menghadirkan nama-nama tersebut demi membuat terang perkara, seterang kaca demi keadilan seluruh rakyat Lampung yang telah menjadi korban korupsi," pinta Boyamin.

Boyamin menyebut, dalam peradilan pidana, tujuannya mencari kebenaran materiil. Tak ada larangan bagi hakim meminta jaksa untuk memanggil seseorang meskipun tidak ada dalam berkas perkara. Hakim wajib menggali kebenaran demi keadilan.

Dia berharap, pihak yang sedari awal mengklaim akan membantu dan mempertontonkan kepada publik perihal kebenaran sesungguhnya di dalam perkara tersebut, tidak hanya gimmick.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO