​Wali Kota Kediri Ingin Jadikan Balai Benih Ikan Sebagai Wisata Edukasi

​Wali Kota Kediri Ingin Jadikan Balai Benih Ikan Sebagai Wisata Edukasi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (baju putih) didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Mohammad Ridwan. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengunjungi UPT Perikanan Budidaya Air Tawar dan Air Payau yang berada di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri. 

Di sana, Wali Kota Kediri melihat langsung beragam yang dibudidayakan di tempat yang memiliki luas kurang lebih satu hektar dan berlokasi di Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Kamis (14/1).

Dalam kunjungan yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Mohammad Ridwan, Wali Kota Kediri meminta agar UPT tersebut bisa dikelola dengan lebih optimal dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Selain untuk pembenihan, Wali Kota Kediri berharap ke depan area tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.

"Ini salah satu aset Pemerintah Kota Kediri yang digunakan untuk perikanan. Kita nanti akan menjadikan tempat ini menjadi wisata edukasi perikanan. Kalau kita lihat ikannya juga bagus-bagus dan ke depan saya yakin akan jauh lebih bagus dan lebih bermanfaat,” terang Mas Abu, sapaan wali kota.

Di tempat yang sama, Mohammad Ridwan mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Kediri yang ingin menjadikan area tersebut sebagai tempat edukasi, pihaknya akan mengadakan kajian dan akan mempersiapkannya dengan matang dan layak.

“Sebagai langkah awal, kita akan perbaiki dan memanfaatkan sarana yang ada dengan banyak belajar. Tentunya, salah satu yang paling harus kita tekankan yaitu kita ingin memanfaatkan media sosial untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat tahu dan bisa memperdalam belajar budidaya ikan disini,” jelas Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan, yang dibudidayakan diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat dan men-support Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena selama ini banyak peminat yang membeli bibit ikan di sana.

“Jadi kita jual bibit, untuk pembeli pasokan bibit ikan ada yang dari Kota Kediri bahkan sampai luar kota, dari Lamongan dan Jawa Tengah. Selain itu, kita juga berharap ikut meningkatkan konsumsi ikan masyarakat kita dengan support ikan dari sini,” imbuh Ridwan.

Ridwan menambahkan, ada beragam jenis ikan yang dibudidayakan mulai ikan konsumsi sampai ikan hias. Untuk ikan konsumsi di antaranya ada ikan lele, ikan nila dan ikan gurame. Sedangkan untuk jenis ikan hias ada ikan koi, ikan mas koki dan ikan golden black. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO