Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu

Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu Ketua KONI Kota Batu, Drs. Mahfud, saat membuka acara turnamen dengan melakukan langkah pertama bidak catur.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar olahraga silaturahim berupa turnamen , Sabtu 5 Desember 2020. Turnamen ini diikuti wartawan yang bertugas dan ada di Kota Batu bertempat di Kantor Siwo PWI, Jalan Hasanudin, Junrejo, Kota Batu.

Turnamen ini mempertandingkan sekitar 35 peserta yang merupakan kalangan wartawan menggunakan sistem Swiss. Mereka bertanding memperebutkan hadiah total jutaan rupiah yang disediakan Siwo PWI Kota Batu. Mereka yang berhak mendapatkan hadiah adalah juara pertama, kedua, dan tiga bersama.

"Turnamen kali ini khusus untuk wartawan. Mereka harus terbanding sungguh-sungguh sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah," ungkap Roy Mastur, Ketua Pelaksana Olahraga Silaturahim Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu.

Rencananya, Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu tersebut akan dibuka Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Namun orang nomor dua di Kota Batu itu berhalangan hadir. Akhirnya yang membuka acara yakni Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud. Hadir dalam acara ini beberapa pejabat dan pimpinan instansi negeri dan swasta di Kota Batu.

Dalam turnamen , panitia sudah mendatangkan juri atau wasit dari Percasi Kota Batu. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar-benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang benar-benar layak.

Bagi Siwo PWI, turnamen ini juga digunakan sebagai pencarian bibit yang nantinya bisa diikutkan dalam Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) 2021 yang berlangsung di Malang Raya. Selain itu, turnamen juga melihat potensi kemampuan di antara wartawan untuk ajang lainnya.

"Sebenarnya kita sudah merancang untuk kegiatan on the river. Rencana awal, pertandingan itu ada kelas khusus wartawan dan umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata, demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di Kota Batu. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Batu, kegiatan menjadi sangat terbatas," terang Mastur.

Catur, kata dia, merupakan olahraga otak. Olahraga jenis ini sangat cocok untuk para wartawan yang setiap hari bertugas liputan hingga mengolah data-data menjadi berita. Olahraga ini juga menjadi kegiatan refreshing bagi para wartawan Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik.

"Selain itu, kegiatan seperti ini juga untuk ajang silaturahim antara wartawan dengan beberapa undangan, pejabat atau bahkan nara sumber," terang Bendahara Siwo PWI Kota Batu ini. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO