​Sahabat Abu Bakar Tak Pakai Celana Cingkrang, Masuk Neraka? Dialog Penuh Gelak Tawa

​Sahabat Abu Bakar Tak Pakai Celana Cingkrang, Masuk Neraka? Dialog Penuh Gelak Tawa Acara Ger-geran Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. yang dipandu M Mas'ud Adnan. foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., merespons kontroversi yang kini identik dengan kelompok Islam tekstual atau new salafi dan new wahhabi. Menjawab pertanyaan BANGSAONLINE TV, kiai alumnus Universitas Al-Azhar Mesir dan Univesitas Khortun Sudan itu mengatakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad SAW, para sahabat pakai jubah, bukan celana.

Gak onok celono jaman Nabi (Tak ada celana pada jaman Nabi),” tegas Kiai Imam Ghazali Said yang juga pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa An-Nur Woconolo Surabaya dalam program Ger-Geran Bersama Kiai di channel youtube bangsaonline TV yang viral itu.

“Memang, pada jaman Nabi ada orang memakai jubah nglembreh (menyapu tanah) sebagai lambang kemewahan. Dalam bahasa Arab disebut isbal,” kata Kiai Imam Ghazali Said.

Jubah nglembreh itu, kata Kiai Imam Ghazali Said, juga hanya digunakan sekali pakai. “Kalau tokor dibuang, nggak dicuci,” jelas dosen Pascasarjana Unviersitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya itu.

Nah, karena pakaian nglembreh itu lambang kemewahan, maka Nabi menyebut sebagai kesombongan. “Tempat sombong itu di mana, ya di ,” kata Kiai Imam Ghazali Said.

Jadi, kata Kiai Imam Ghazali, Sabda Rasulullah SAW itu yang kemudian dijadikan pegangan para pemakai . Sayangnya, teks Hadits itu dipisahkan dari konteks, sehingga orang hanya memahami teksnya saja . “Kalau hanya memahami teksnya saja, maka substansinya bisa hilang,” kata Kiai Imam Ghazali Said.

Apa substansinya? Nabi Muhammad menghukumi isbal atau jubah nglembreh masuk , jika sebagai simbol kemewahan dan kesombongan. Tapi jika tidak dalam bentuk kesombongan, maka tidak dilarang.

Lihat juga video 'Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO