Gus Menteri Puji Peran Muslimat NU dalam Pembangunan Desa

Gus Menteri Puji Peran Muslimat NU dalam Pembangunan Desa Gus Menteri memuji peran Muslimat NU dalam pembangunan desa. Pernyataan itu disampaikan usai menerima silaturahim Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa di kantor Kemendesa di Jakarta. foto: ist.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar memujib peran NU yang sangat signifikan dalam pembangunan desa. Pasalnya, sebagai organisasi besar, NU memiliki struktur dan kader hingga ke tingkat desa.

Karena itu, Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri mengaku selalu melibatkan kader NU dalam kegiatan pemberdayaan desa. Terutama di daerah yang menjadi basis NU.

"Banyak sekali program pembangunan menjadi sukses ketika melibatkan perempuan. Dan tentunya banyak kader NU yang telibat dalam proses pembangunan di desa, terutama di daerah yang menjadi basis NU," tutur Gus Menteri saat ditemui di kantor Kemendesa dan PDT di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (15/10/2020) malam.

Gus Menteri juga mengungkapkan, dalam kesempatan bertemu dengan Ketua Umum NU, Indar Parawansa, pihaknya melaporkan bahwa BLT Dana Desa yang sudah dikelola dengan 8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), sekitar 2,5 jutanya adalah perempuan kepala keluarga atau Peka.

Dirinya meyakini 2,5 juta penerima KPM yang masuk kategori peka adalah . Menteri asal Jombang ini mengaku proses melibatkan perempuan dalam pembangunan desa tidak dilakukan secara sporadis.

"Karena itu kami melibatkan perempuan mulai perencanaan, pelaksanaan program, hingga evaluasi. Bahkan ada program Desa Peduli Perempuan," ujar pengasuh pondok pesantren Denanyar, Jombang itu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO