PDIP Serang Tim Independen Karena Minta Jokowi Tak Lantik Komjen Budi

PDIP Serang Tim Independen Karena Minta Jokowi Tak Lantik Komjen Budi Budi Gunawan. Foto: vivanews.com

BangsaOnline-Tim 9 telah memberikan usulan solutif kepada Presiden Joko Widodo untuk membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan. PDIP yang memang sejak awal menjadi motor pendukung Komjen Budi justru memberikan sindiran untuk Tim 9.

"Belum dilantik, sudah buat statement. Tim ini hanya melaporkan hasil kerja. Bukan rekomendasi," kata politikus PDIP Junimart Girsang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (28/1/2015).

Junimart mengaku sejak sudah menentang pembentukan tim 9 ini. Ia menyebut para anggotanya tidak independen.

"Saya dulu paling tidak setuju dibentuk, karena ada yang tidak independen," ucap anggota Komisi III DPR ini.

Sementara itu, Wasekjen PPP Arsul Sani berpendapat seharusnya Tim 9 tidak memberikan rekomendasi di tengah proses pengumpulan data. Usulan ini pun dianggap hanya membebani Jokowi.

"Tim independen jangan beri beban politik baru. Jangan seperti itu. Tambah pro dan kontra di masyarakat," ujar Arsul.

Komisi III sebagai komisi hukum di DPR RI tak mau ketinggalan untuk memberikan pendapatnya perihal rekomendasi yang dikeluarkan oleh Tim 9 tersebut. Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengungkapkan dirinya menghargai usulan yang diberikan oleh tim tersebut.

Namun dirinya mengatakan Komisi III tetap berpegang pada undang-undang yang menyatakan yang sudah disetujui DPR harus dilantik oleh presiden.

"Silakan saja, itu 'kan usulan Tim 9. Namun Komisi III berpegang pada UU," kata Aziz saat ditemui setelah melakukan rapat kerja dengan Kejaksaan Agung di ruang rapat Komisi III DPR RI, Rabu (28/1).

UU yang dimaksud oleh Aziz adalah UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Aziz mengatakan dalam Pasal 11 Ayat 3 UU tersebut Presiden harus melantik yang sudah disetujui DPR.

Sumber: cnn/merdeka/detik.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':