Masuk Masa Kampanye, Bawaslu Lamongan Tertibkan 22 Ribu APK Paslon

Masuk Masa Kampanye, Bawaslu Lamongan Tertibkan 22 Ribu APK Paslon Penertiban baliho yang dilakukan petugas Bawaslu Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan menertibkan 22 ribu Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan sebelum masa , mulai Jumat (25/9) lalu.

Ketua Miftahul Badar mengatakan, sejak penetapan paslon yang yang ditetapkan KPU, pihaknya telah menertibkan baliho, poster, spanduk, dan umbul-umbul paslon yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Lamongan

"Ini kita copot karena belum memasuki masa . Yang terbanyak adalah baliho yang berjumlah 11.411 buah dan 11.626 poster," katanya, Minggu (27/9/2020).

Penertiban alat peraga ini, lanjut Badar, dilakukan sejak 25 September lalu. Sebelumnya, pada tanggal 23 September, pihaknya sudah mengimbau pada semua paslon agar menertibkan APK mereka sendiri. Tidak hanya dari Bawaslu, penertiban APK ini juga dibantu oleh pihak KPU, Satpol PP, Polri, dan TNI

"Penertiban ini dilakukan secara serentak se-Lamongan. Baik dari tingkat kecamatan, kelurahan, atau desa," lanjutnya.

Terkait pemasangan APK, Bawaslu meminta kepada paslon, parpol, dan tim untuk benar-benar menjaga kepatuhan dan memerhatikan standar pemasangan APK. Sebagaimana diatur oleh undang-undang yang tertuang dalam Perbup Lamongan Nomor 10 Tahun 2013.

"Yang terutama ialah standar keselamatan, teknis, dan estetis. Dengan begitu, APK yang akan ada nanti diharapkan tidak mengganggu lalu lintas dan atau membahayakan masyarakat, tidak khawatir roboh atau mengancam masyarakat, dan tetap menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan," pintanya.

Badar juga mengharap partisipasi dan kerjasama aktif dari semua masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan menjaga ketertiban APK yg ada. "Jika ada pelanggaran, silakan dilaporkan kepada kami," pintanya. (yog/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO