Golkar Kubu Agung Yakin Jokowi Berani Lepas dari Mega-Paloh

Golkar Kubu Agung Yakin Jokowi Berani Lepas dari Mega-Paloh Agung Laksono. Foto: detik.com

BangsaOnline-Polemik KPK dengan Polri diawali dari keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Keputusan Jokowi ini dilihat sebagai hasil pengaruh Ketua Umum PDIP dan Ketum Partai NasDem .

Kini, usai keputusan Jokowi itu terbukti berakibat konflik antar-lembaga penegak hukum, Jokowi dituntut untuk melepaskan diri dari cengkeraman Mega-Paloh. Ketua DPP kubu Agung Laksono, Agun Gunandjar Sudarsa, meyakini Jokowi berani melepaskan jerat cengkeram Mega-Paloh.

"‎Saya melihat Jokowi pemberani, punya kapasitas dan integritas melakukan itu. Dalam proses pengambilan keputusan itu, dia bisa abaikan itu (cengkeraman Mega-Paloh) semua," ujar Agun di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Namun Agun tak mau menganalisa lebih jauh langkah apa gerangan yang bakal ditempuh Jokowi demi menyelamatkan KPK, lembaga penegak hukum yang kini terancam kriminalisasi oleh Polri.

"‎KPK harus dipertahankan‎," kata Agun.

Untuk lepas dari tekanan Mega-Paloh, Jokowi memang punya keberanian. Namun Jokowi akan melakukan dengan langgamnya sendiri, langgam Solo. Bagaimana pula itu keberanian ala Solo?

"‎Tapi dia orang Solo, kadang-kadang ada itung-itungannya. ‎Dia tak bakalan mati langkah. Pasti dia punya dua atau tiga langkah cadangan," tilik Agun.

Langkah Jokowi membentuk tim independen untuk mengatasi situasi ruwet ini dinilai Agun sebagai langkah yang tepat, dan kubu Agung mendukung langkah itu. Pembentukan tim independen memang perlu dilakukan karena situasi politik-hukum sudah luar biasa amburadul.‎

"Secara umum, ada sesuatu yang menjadi problema, asas dan prinsip sudah banyak dilanggar. Kepatutan, kelayakan, banyak dilanggar. Komunikasi politik dengan pengendali kekuasaan juga sudah sangat tidak layak. Situasi sudah sangat luar biasa," tutur Agun.

Sumber: detik.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':