Cyrus: Jokowi Punya Jabatan Tapi Tak Punya Kekuasaan

Cyrus: Jokowi Punya Jabatan Tapi Tak Punya Kekuasaan Foto: tempo.co.id

BangsaOnline-Peneliti Cyrus Network, Hasan Batupahat, mengatakan Presiden Joko Widodo hanya mempunyai jabatan, namun tidak mempunyai kekuasaan. Faktanya, kata dia, kekuasaan dan kewenangan ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

" presiden tanpa daya," kata dia dalam diskusi "Ada Apa dengan " di Eatology Cafe, Jakarta Pusat, Ahad, 25 Januari 2015.

Hasan mencontohkan kasus pengajuan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai calon Kepala Kepolisian RI. Saat itu, belum ada surat rekomendasi Komisi Kepolisian Nasional. Tapi, langsung mengajukan Budi ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Ia memprediksi hal tersebut terjadi karena desakan Mega. "Kalau kekuasaan sepenuhnya ada di tangan , tidak akan seperti itu," ujar dia.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar memberi contoh lain, yakni pemberhentian Kapolri Sutarman. Ia menduga pemberhentian Sutarman akan membuka aib PDIP.

Dampaknya, kebijakan sangat mengecewakan rakyat, baik yang memilihnya maupun yang bukan. dianggap tidak pintar memainkan emosi publik menjadi sebuah kebijakan. Akibatnya, kehilangan momentum dan kepercayaan rakyat.

"Tugas dia seperti tukang cap, tukang stempel. Yang punya kuasa parpol pendukungnya," kata Haris.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO