Yang Dieksekusi Mati Hanya Kurir, Gembong Narkoba Justeru Dilindungi

Yang Dieksekusi Mati Hanya Kurir, Gembong Narkoba Justeru Dilindungi Jaksa Agung Prasetyo memberikan keterangan kepada wartawan mengenai pelaksanaan eksekusi mati terpidana kasus narkotika (ANTARA FOTO/Reno Esnir)/vivanews.com

BangsaOnline-Eksekusi mati terhadap enam terpidana kasus dinilai tidak memberikan efek jera. Pasalnya, para terpidana yang dieksekusi itu bukan gembong narkotika, sehingga praktik peredaran barang haram itu masih terus berkembang di Tanah Air. 


"Yang dihukum kebanyakan kurir. Bila dieksekusi itu berarti menghilangkan jaringannya," kata Koordinator KontraS, Haris Azhar dalam konfrensi pers di kantor Komisi Hak Asasi Manusia, Senin 19 Januari 2014.

Haris menuding, eksekusi terhadap para terpidana kasus itu sengaja dilakukan oleh Pemerintah untuk menghilangkan jejak jaringan mafia . Di sisi lain, penegak hukum yang korup dan sengaja melindungi jaringan mafia narkotika Internasional tetap berkembang di Indonesia.

"Patut diduga eksekusi mati para terpidana itu untuk menghapuskan jejak jaringan gembong ," ujar Haris.

Menurut Haris, hasil penelitian sejumlah lembaga seperti World Bank menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-10 di dunia dalam peredaran .

Sumber: vivanews.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kejari Gunungkidul Musnahkan Belasan Barang Bukti Tindak Pidana':