Angkat Plt Kapolri Jokowi Dipuji Cerdas

Angkat Plt Kapolri Jokowi Dipuji Cerdas Jokowi cium tangan Mega dalam acara PDIP. Foto: tribunnews.com

BangsaOnline-Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai dipuji sebagai keputusan yang cerdas. 


"Pertama, saya bilang Jokowi cerdas. Kemarin-kemarin orang menanyakan dia bisa lolos atau enggak dari situasi ini. Apalagi Jokowi adalah presiden populer, tapi tidak menguasai partai dan tidak menguasai DPR. Beda banget dengan SBY atau Pak Harto," ujar pengamat politik dan militer, Salim Said, dalam diskusi "Kali Ini Tidak 86" yang disiarkan oleh radio smartfm, Sabtu pagi (17/1).

Menurut dia, keputusan Jokowi bagus sekali. Dengan demikian, DPR tidak dihinakan, keputusan KPK yang menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka tidak ditolak, dan juga tidak menyakiti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang mengajukan nama Budi Gunawan.

"Pak Budi juga tidak terhina karena dia tidak dibatalkan, hanya ditunda pengangkatannya. Berangkat dari itu, Jokowi cerdas," ujarnya.

Persoalannya, sebagai presiden yang tidak menguasai parpol, persoalan semacam ini akan muncul terus. Jokowi akan dikepung beragam kepentingan termasuk dari dalam partainya sendiri.

"Apakah dia akan cerdas terus? Apakah ini akan membuahkan dukungan kepada masyarakat?" tambah Salim. 

Sumber: rmol.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':