Dianggap Dekat KPK, Komjen Suhardi Dicopot dari Kabareskrim

Dianggap Dekat KPK, Komjen Suhardi Dicopot dari Kabareskrim Komjen Suhardi Alius. Foto: tribunnews.com

BangsaOnline-Komjen Suhardi Aliyus dicopot dari jabatan yang dipimpinnya, Kabareskrim Polri. Beragam spekulasi muncul, salah satunya adalah karena mantan Kapolda Jabar itu dianggap tidak muluskan jalan Komjen Budi Gunawan menjadi ?


Salah seorang perwira di Bareskrim mengatakan, Suhardi seharusnya dapat 'mengamankan' jalan Komjen Budi Gunawan menuju kurs Tri Brata 1. Dia mencontohkan saat KPK menjerat Irjen Djoko Susilo karena terlibat korupsi, Kabareskrim Komjen Sutarman saat itu pasang badan.

"Yang ini tidak. Malah beliau dikira penghianat karena dekat dengan KPK dan PPATK," kata salah seorang perwira di Bareskrim Polri yang enggan disebutkan namanya, Jumat (16/1/2015).

Padahal, kata sumber tersebut, kedekatan Komjen Suhardi dengan dua lembaga pemerintah itu adalah sebatas kepentingan tugas Bareskrim serta koordinasi antar lembaga negara.

Ada pula perwira yang menduga bahwa pergeseran Komjen Suhardi Alius adalah untuk mengamankan kasus Komjen Budi Gunawan di KPK. Salah satu strateginya adalah menempatkan orang dekat Budi Gunawan di posisi strategis di Polri, Kabareskrim. Orang tersebut adalah Irjen Budi Waseso yang saat ini menjabat Kepala Sespimti.

Belum ada konfirmasi dari Komjen Suhardi Alius terkait pergantian ini. Beberapa kali telepon yang detikcom tuju tidak direspons, begitu pula dengan pesan singkat yang dikirimkan.

Kadiv Humas Ronny Sompie membenarkan adanya mutasi dari Komjen Suhardi Alius kepada Irjen Budi Waseso. Suhardi dimutasi ke Lemhannas menggantikan jabatan Sekretaris Utama dari Komjen Pol Drs Boy Salamudin

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO