​Jokowi Khiananti Rakyat, Jika Tetap Lantik Komjen Budi Jadi Kapolri

BangsaOnline-Wakil Ketua Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) Adnan Pandu Praja mengingatkan konsekuensi bakal ditanggung Presiden Joko Widodo, bila dia ngotot melantik Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi . Sebab menurut dia, bila Komjen Budi yang juga menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi tetap dilantik menjadi , maka bakal mengkhianati amanat rakyat.

"Iya. Tadi kan jelas sekali, bahwa dia () mengkhianati kepercayaan," kata Adnan kepada awak media di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/1).

Komisi III DPR kemarin justru menyatakan Komjen Budi layak menjadi setelah lulus uji kelayakan dan kepatutan kemarin. Atas dasar itu, Adnan hanya bisa mengingatkan kembali komitmen antikorupsi sudah disepakati Presiden .

"Kalau baca komitmen, mengenai antiKKN, lima tahun ke depan dia () akan mengkhianati komitmen itu. Jadi komitmen antikorupsinya diragukan," ujar Adnan.

Adnan mengatakan bila Presiden ngotot melantik Komjen Budi maka akan menimbulkan masalah besar. Sebab menurut dia, tidak elok bila KPK melakukan tindakan hukum seperti penggeledahan dan penyitaan terhadap yang menjadi tersangka.

"Kan dikira kita melecehkan Polri sehingga berdampak pada konflik kelembagaan. Bisa menimbulkan chaos (kekacauan). Maka perlu dicegah," ujar Adnan.

Tak hanya itu, Adnan juga menyatakan bila Komjen Budi dibiarkan menjadi maka bisa berdampak buruk terhadap kinerja KPK. Sebab, KPK selalu didukung Polri selama melakukan kegiatan apapun.

"Kami khawatir berdampak pada kinerja KPK. Karena banyak kegiatan pencegahan kami ke daerah yang mendapat dukungan dari Polri akan terpengaruh. Kita sekarang kerjasamanya bagus," papar Adnan.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO