Nasdem: KPK Salah Putuskan Budi Tersangka Jelang Fit And Proper Test

Nasdem:  KPK  Salah Putuskan Budi  Tersangka Jelang Fit And Proper Test Surya Paloh saat bertemu Presiden Jokowi. Foto: merdeka.com

BangsaOnline-Rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Padahal, Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh atas dugaan rekening gendut dan transaksi mencurigakan.


Menurut Ketua Umum Partai Surya Paloh, Presiden Joko Widodo bingung dan merasa tidak nyaman apakah dirinya bakal melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri atau tidak. Terlebih, status Budi Gunawan adalah tersangka .

"Pak presiden enggak nyaman, Pak Budi Gunawan gak nyaman, saya juga gak nyaman. Bisa dipastikan presiden tidak nyaman. Enggak tahu kalau temen-temen press," kata Paloh usai menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/1).

Paloh menambahkan, DPR telah menyetujui Komjen Budi Gunawan untuk dilantik sebagai Kapolri. Namun demikian, belum tentu Jokowi bakal segera melantik mantan ajudan Megawati Soekarnoputri.

"Belum tentu (segera dilantik)," tegasnya.

Lebih lanjut, Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi apakah akan melantik Budi Gunawan atau tidak. Tetapi, bila dia boleh menyarankan, Partai akan melihat prosesnya terlebih dahulu.

"Kalau dari kita lihat prosesnya. Kan DPR ini lembaga resmi bukan. Kalau resmi saya akan hormati bener. DPR setujui usul presiden, presiden enggak cabut," jelas Paloh.

"Diberi kesempatan di sana, kalau sudah paripurna saya pikir sulit, dia harus laksanakan. Jalan keluarnya gimana, nah itu pertanyaannya. Itu yang harus dipahami presiden," tandasnya.

Sumber: merdeka.com

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':