Bersama TNI, Disperta Situbondo Targetkan Swasembada Pangan di Tahun 2015

Bersama TNI, Disperta Situbondo Targetkan Swasembada Pangan di Tahun 2015 Dari kiri, Kepala Dinas Pertanian, Dandim 0823 Situbondo dan Asisten 2 pemkab situbondo saat jumpa pers. Hadi Prayitno/BangsaOnline

SITUBONDO (BangsaOnline) - Rencana pemerintah pusat tentang dengan melibatkan TNI dalam mendorong peningkatan produksi hasil pertanian, langsung disikapi oleh sejumlah daerah tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Pada tahun pertama Dinas Pertanian bersama TNI menargetkan peningkatan hasil produksi hasil pertanian khususnya padi hingga 10 persen dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan dalam acara jumpa pers oleh Kepala Dinas Pertanian Bersama Komandan Kodim 0823 Situbondo, di aula Kantor Dinas Pertanian Situbondo, kemarin (13/1).

Menurutnya, Dinas pertanian sudah bersepakat dengan Komandan Kodim 0823 Situbondo, pada tahun pertama program yang didengungkan pemerintah pusat, Situbondo menargetkan peningkatan produksi hingga 10 persen dari tahun sebelumnya dengan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP).

"Sehingga kami (Dinas Pertanian dengan Kodim 0823 Situbondo) bersepakat untuk Kabupaten Situbondo ini, minimal tahun 2015 harus meningkatkan produksi padi minimal 10 persen dari tahun sebelumnya dengan berupaya meningkatkan indeks pertanaman," Agus Fauzi

Menurutnya, IP rata rata di Situbondo baru 1,3 persen. Untuk meningkatkan produktifitas hasil panen pihaknya menargetkan IP rata rata menjadi 2 persen di tahun 2015.

"Kalau ada luasan sawah bisa ditanami padi 1 kali dalam satu tahun, itu IP nya masih satu. Jadi dalam satu tahun rata rata di Situbondo IP nya masih 1,3. Sedangkan produktifitasnya masih 5,9 ton per hektar," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO