​Lima Langkah Spiritual Usir Covid-19, Kiai Asep: Sekecil Apapun Kita Harus Berkontribusi

​Lima Langkah Spiritual Usir Covid-19, Kiai Asep: Sekecil Apapun Kita Harus Berkontribusi Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. foto: MA/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., mengaku prihatin dengan makin tersebarnya virus Corona atau di Indonesia. Menurut dia, jika pandemic ini terus berlangsung, maka sangat berbahaya bagi kehidupan bangsa dan negara.

“Kehidupan terasa mencekam, komunikasi menjadi sepi, kelesuhan ekonomi terasa di mana-mana,” kata pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu dalam keterangan tertulisnya kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (27/3/2020).

Karena itu, dalam edaran yang berjudul “Imbauan Pondok Pesantren Amanatul Ummah” itu, Kiai Asep mengajak masyarakat ikut andil untuk menghilangkan virus ganas ini. “Sekecil apapun kita harus memberi kontribusi agar situasi seperti ini segera berhenti dan virus corona hilang dari muka bumi,” ajaknya.

Kontribusi itu, menurut Kiai Asep, pertama, kita harus banyak istighfar (minta ampun) kepada Allah SWT dengan sighat: Astaghfirullahal adzim waatubu ilaih, astaghfirullahal adzim innahu kana ghaffara.

“Karena menurut hadist Nabi, barang siapa yang banyak membaca istgihfar, maka Allah akan mengubah susah dan gundah menjadi kebahagiaan, kesulitan diberikan jalan keluar, dan Allah melimpahkan rezeki yang tidak terduga-duga,” kata Kiai Asep yang ketua umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Kedua, kata Kiai Asep, kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah, melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Kiai Asep mengutip Al-Qur’an, Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 yang artinya: “Barang siapa yang senantiasa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari segala kesulitannya, dan akan memberikan rezeki yang tak diduga-duga.”

Kiai Asep juga mengutip Surat Ath-Thalaq ayat 4 yang artinya: “Dan barang siapa yang senantiasa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusan-Nya”.

Ketiga, kata Kiai Asep, kita harus banyak membaca Hauqola yaitu Laa hawla walaa quwwa illaa billah. “Terutama saat berada di wilayah virus corona,” katanya.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO