Warga Pendem Minta Lokasi Penemuan Situs Dijadikan Wisata Budaya

Warga Pendem Minta Lokasi Penemuan Situs Dijadikan Wisata Budaya BPCP Jawa Timur saat melaksanakan ekskavasi situs pendem, Desember 2019 lalu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu minta kepada Pemerintah Kota Batu untuk menjadikan lokasi penemuan situs Kerajaan Singosari di desa setempat sebagai obyek wisata budaya.

Permintaan warga ini dibenarkan Kepala Desa Pendem, Tri Wahyuwono Efendi. Menurutnya, usulan tersebut disampaikan warga saat musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes).

"Kami masih menunggu rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Yang jelas, kami sudah mengusulkan untuk menjadikan area penemuan situs peninggalan Kerajaan Singosari itu sebagai wisata budaya," ujar Tri Wahyuwono Efendi, Kamis (6/2).

Ia mengatakan, luas lahan penemuan situs secara keseluruhan terhitung 1.500 persegi. Ia berharap keterlibatan pemerintah berkaitan dengan masalah pembebasan lahan. Menurutnya, lahan seluas 1.500 persegi itu sebagian milik keluarga dari warga sekitar, dan sebagian lagi adalah tanah bengkok.

Disinggung mengenai anggaran yang disiapkan, Efendi menegaskan belum bisa memperkirakan. "Terkait anggaran, masih belum bisa diestimasikan. Ini dikarenakan menunggu rekomendasi dan kajian dari pemerintah daerah masalah lahan yang dimiliki keluarga itu," tegas dia.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs. Imam Suryono, M.M. mengatakan, pihaknya mendukung usulan warga untuk menjadikan Situs Pendem sebagai destinasi wisata budaya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO