​Demo Bela Uighur di Surabaya, Massa FUIB Tuntut Konjen dan Dubes Cina Diusir dari Indonesia

​Demo Bela Uighur di Surabaya, Massa FUIB Tuntut Konjen dan Dubes Cina Diusir dari Indonesia Ratusan massa FUIB saat menggelar aksi bela Uighur di depan Konsulat Jenderal China di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, Jumat (27/12).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) menggelar aksi bela Uighur di depan Konsulat Jenderal China di Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, Jumat (27/12).

Pantauan di lokasi, para demonstran membawa atribut bendera tauhid dan poster-poster bertuliskan "Hanya Khilafah yang dapat Menyelamatkan Uyghur". Mereka juga menuntut Konjen dan Dubes Cina angkat kaki dari Indonesia.

Bahkan banyak dari demonstran perempuan yang membawa anak-anaknya untuk mengikuti aksi ini. Massa ini juga telah memenuhi separuh jalanan di Jalan Mayjend Sungkono, sehingga membuat pengendara mengalami kemacetan.

Korlap aksi yang juga sebagai ketua LBH Pelita Umat Jatim, Syaifudin Budiharjo mengatakan, aksi ini dilakukan untuk menyampaikan unek-unek sekaligus apa yang menjadi kewajibannya sebagai umat muslim untuk peduli terhadap saudara muslim Uyghur di Cina yang menurutnya mengalami penindasan.

"Kewajiban kami di sini menyuarakan aspirasi sebagai bentuk kepedulian terhadap apa yang menimpa saudara kami di sana. Mereka mengalami penyiksaan dan upaya-upaya pembersihan, bahkan pemerkosaan dan sebagainya," kata Syaifudin di sela aksi.

"Kami dari beberapa aliansi satu suara tidak hanya di Surabaya, bahkan kota-kota besar di seluruh Indonesia dan di negara yang lain juga menyerukan yang sama untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Uyghur," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO