​Gaji Presiden Gus Dur untuk Beli Sepatu Menristek dan Jas Menlu

​Gaji Presiden Gus Dur untuk Beli Sepatu Menristek dan Jas Menlu Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). foto: Sesneg

JAKARTA, BANGSAONLINE.COM-Prof Dr Mahfud MD, mantan Menteri Pertahanan era KH Abdurrahman Wahid (), dalam bukunya berjudul: Setahun Bersama , bercerita: "Pada bulan pertama menjadi presiden, menerima gaji dengan amplop coklat ketika dia sedang duduk bersama Alwi Shihab dan Zainal Arifin Junaidi.

"Sesudah menandatangani bukti penerimaan gaji tersebut, menyerahkan amplop coklat itu kepada Alwi Shihab, sambil berkata dengan bergurau:

“Kamu harus membeli jas yang bagus. Menteri Luar Negeri jangan memalukan.”

Bulan berikutnya, tutur Mahfud yang kini jadi Menkopolhukam, menyerahkan gajinya kepada Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Prof. AS Hikam yang ketika itu sedang di Istana. “Nih, beli sepatu dan jas. Masak, Menristek sepatunya jelek,” kata bercanda lagi.

Arifin Junaidi merasa heran. Dia pun tanya kepada , mengapa gajinya diserahkan kepada orang lain. RI ke-4 itu malah menjawab, “Ya sudah, gaji bulan berikutnya untuk kamu saja.”

Arifin Junaidi kaget dan berkata, “Bukan begitu, Gus. Maksud saya, harus menyimpan gaji itu untuk kebutuhan karena itu adalah gaji sebagai .”

dengan santai menjawab, “Lha, semua kebutuhan saya sudah disediakan di sini (Istana). Saya tak butuh apa-apa, biar dipakai oleh yang butuh saja.” 

memang pribadi yang zuhud. Selalu merasa cukup (qona'ah) dan tak butuh apa-apa, meski ia kemudian difitnah dan dijatuhkan dari kursi presiden oleh sidang MPR yang dipimpin Amien Rais. Faktanya hingga wafat tak ada pengadilan terhadap . Penyelidikan Kejaksaa Agung memutuskan bahwa bersih dari segala tuduhan korupsi. (MMA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO