Terpilih Aklamasi, Ketua ISNU Situbondo Janji Rangkul Ilmuwan NU yang Terserak

Terpilih Aklamasi, Ketua ISNU Situbondo Janji Rangkul Ilmuwan NU yang Terserak Ketua terpilih Fathol Bari (tengah) bersama Pengurus Wilayah ISNU Jatim. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama (ISNU) Cabang Situbondo menggelar konferensi cabang (Konfercab) ke-I di aula lantai II kantor Cabang NU Situbondo, Jalan Madura Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Sabtu (20/7).

Dalam konfercab tersebut, Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Situbondo Fathol Bari terpilih menjadi ketua secara aklamasi.

Pantauan di lapangan, Pengurus Wilayah ISNU Jawa Timur memimpin langsung jalannya pembacaan tata tertib sidang konferensi dan tata tertib pemilihan. Ada tiga calon yang menyeruak ke permukaan, Fathol Bari mewakili wilayah Timur, Ismail Ali Yasin mewakili wilayah tengah, dan Muzammil Damanhuri mewakili wilayah Barat.

Di tengah perjalanan, Ismail Ali Yasin yang diusung wilayah tengah mendadak menyatakan mengundurkan diri dari pencalonannya. Ia menyatakan mundur dengan alasan ingin memberikan kesempatan kepada calon dari sarjana-sarjana muda NU untuk memegang pucuk pimpinan di organisasi para ilmuwan NU tersebut.

Saat sidang pemilihan dimulai, pimpinan sidang membuka dua opsi. Opsi pertama melalui pemilihan dengan cara musyawarah mufakat, sedangkan opsi yang kedua melalui voting. Mayoritas peserta sidang menginginkan opsi pertama yang diambil, namun ada juga sebagian peserta yang menginginkan pimpinan sidang memutuskan opsi kedua.

Mengetahui suara peserta tidak bulat dalam menentukan opsi mana yang akan disepakati, akhirnya pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada peserta bermusyawarah selama 5 menit untuk menentukan opsi mana yang akan disepakati. Lima menit berlalu, sidang kembali dilanjutkan. Peserta sepakat pemilihan ketua dilakukan dengan cara musyawarah mufakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO