​Temui Gubernur Khofifah, Alwi Shihab Bawa Investor Portugal Jajaki Investasi Pengadaan Air Bersih

​Temui Gubernur Khofifah, Alwi Shihab Bawa Investor Portugal Jajaki Investasi Pengadaan Air Bersih Dr Alwi Shihab dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi keterangan pers usai pertemuan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (8/7/2019). foto: didi rosadi/ bangsonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr Immanuel, investor dari Portugal tertarik untuk menanamkan investasi pengadaan air bersih di Jawa Timur. Penjajakan itu dilakukan oleh pihak investor yang menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Senin (8/7).

Kedatangan investor dari Portugal itu dibawa oleh mantan Menteri Luar Negeri, Alwi Shihab. Menurut Khofifah, kedatangan investor dari Portugal itu sejalan dengan perubahan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) menjadi PT Air Bersih Jatim (Perseroda). Karena PT Perseroda membutuhkan investasi yang sangat besar sekitar Rp 4,9 Triliun. Sementara modal dari Pemprov hanya Rp 700 Miliar.

“Kebetulan Pak Alwi Shihab membawa investor dari Portugal untuk pengembangan water system di Jawa Timur. Jadi ini timing-nya tepat untuk pemenuhan air bersih di Jawa Timur, terutama di 5 daerah,” tutur Khofifah.

(Dr Alwi Shihab bersama Dr Immanuel, investor dari Portugal, di ruang VIP Bandara Internasional Juanda Sidoarjo Jawa Timur sebelum menuju ke Gedung Negara Grahadi Surabaya. foto: istimewa/bangsaonline.com) 

Khofifah melanjutkan, untuk bisa mengaliri 1,3 juta penduduk dari Kabupaten dan Kota Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, serta Kota Surabaya tentunya membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Karena itu, kedatangan investor dari Portugal ini disambut pemprov dengan tangan terbuka.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini melanjutkan, nantinya investor ini akan bergerak dalam pemeliharaan dan distribusi air bersih serta technical assisten. Saat ini Pemprov fokus pada pelayanan air bersih di 5 Kabupaten/Kota.

dari Portugal ini sudah berpengalaman di Daudi, Afrika, Timor Leste. Sehingga diharapkan bisa mempercepat pelayanan kebutuhan air bersih di Jawa Timur dengan biaya yang murah,” ujar mantan Menteri Sosial ini.

Sementara Alwi Shihab mengungkapkan setelah calon investor ini berkunjung ke kantor Perseroda untuk penjajakan investasi. Dalam waktu dekat akan dikirim tim dari Portugal untuk mempelajari secara rinci potensi pengelolaan air bersih di Jatim. Pasca tahapan itu, akan dilayangkan proposal untuk pekerjaan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO