Pakde Karwo: Media Arus Utama Jadi Rujukan Tangkal Hoax

Pakde Karwo: Media Arus Utama Jadi Rujukan Tangkal Hoax Pakde Karwo bersama Menkominfo Rudiantara meninjau stan pameran Pokja Wartawan Pemprov Jatim. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kian berkembangnya dunia komunikasi digital yang serba cepat dan mudah tak mengurangi krusialnya peran media massa arus utama. Media ini sangat dibutuhkan saat ini untuk menangkal munculnya berita-berita palsu atau hoax.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membuka Pameran Karya Pers dan Teknologi Informasi dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Kamis (7/2).

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ini menegaskan bahwa media arus utama tidak boleh dianggap mati terkena dampak pesatnya internet, tetapi justru bersifat komplemen atau pelengkap sebagai solusi terhadap hoaks.

“Di Jatim ada salah satu media cetak arus utama yang setiap harinya menampilkan kolom khusus yang membahas atau mengkonfirmasi berita hoax. Di situ, dibahas apakah berita yang beredar di masyarakat luas termasuk hoax atau bukan,” terangnya.

Digitalisasi ini, lanjutnya, membuat banyaknya inovasi baru, mulai dari banyaknya kemunculan media online baru. Bahkan ada media cetak yang mulai mengembangkan tidak hanya media online, tapi juga media interaktif. Inilah yang kemudian dinamakan konvergensi media.

“Konvergensi media ini membuat kita tidak lagi hanya menonton televisi dari televisi saja, namun bisa melalui ponsel. Ini memudahkan kita menonton televisi dari manapun,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO