Dikuti 40 Negara, MTQ Internasional Dihibur Maher Zain, Erwin Gutawa, Wali

Dikuti 40 Negara, MTQ Internasional Dihibur Maher Zain, Erwin Gutawa, Wali Gubernur Sumatera Selatan Palembang Alex Noerdin saat membuka MTQ Internasional di Palembang, Senin (23/9/2014). Foto: liputan6

PALEMBANG(BangsaOnline) Erwin Gutawa dan sejumlah artis dalam dan luar negeri bakal memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Quran () Internasional. "Mereka, para artis, akan berdakwah dengan caranya lewat lagu maupun irama," kata Ketua Panitia Achmad Najib, Selasa, 23 September 2014.

Artis dari Jakarta yang bakal tampil adalah , band Wali, dan Bimbo. Panitia memastikan penyanyi asal Swedia, , bakal hadir. Acara akan dipandu Maudy Koesnaedi dan Ferdi Hassan. Panitia juga akan menggelar tarian massal bernuasa Islam dan Melayu dalam ajang yang berlangsung pada 23-27 September 2014.

Selasa, 23 September 2014 malam ini, Wakil Presiden Boediono akan membuka Internasional di Sport and Convention Centre (PSCC), . Acara lomba ini diikuti peserta dari 40 negara dari empat benua.

Arena perlombaan dan pembukaan hampir rampung 100 persen. Hanya saja masih terlihat beberapa orang saja yang masih disibukkan dengan kegiatan mengatur peralatan suara dan pencahayaan.

Di dalam arena terlihat rumah joglo yang akan difungsikan sebagai tempat para qori dan qoriah serta hafiz dan hafizah melantunkan ayat suci di hadapan Dewan Juri.

Sebelumnya diberitakan, KH Said Agil Husin Almunawar dipastikan memimpin dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran Internasional di , 23-27 September. Said Agil akan didampingi dewan hakim seperti Tan Sri Datuk Haji Hassan bin Haji Azhari dari Malaysia, Syeikh Abdur Rasyid Syeikh Ali Shufi dari Qatar, serta beberapa orang ulama lainya dari berbagai negara di dunia.

Wakil Ketua Panitia Richard Chahyadi mengatakan penunjukan dewan hakim merupakan kewenangan panitia pusat. Dewan hakim akan dilantik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. "Dewan hakim ini merupakan ulama yang benar-benar menguasai ilmu Alquran dan berpengalaman dalam ," kata Richard, Senin, 22 September 2014. 

Menurut Richard, dewan hakim berwenang mengecek dan mengevaluasi persiapan dan penilaian sebelum pelaksanaan International 2014. Seperti peralatan lampu, teknis penilaian, perlengkapan, formulir penilaian, dan sebagainya. Dia mencontohkan, Said Agil terbilang sangat berpengalaman dalam ajang serupa baik di tingkat nasional maupun intenasional. "Dari sekarang sebenarnya mereka sudah bekerja untuk kesuksesan di ."

Ketua panitia , Achmad Najib, menjelaskan dewan hakim diisi orang yang sudah tidak asing lagi dalam ajang tingkat dunia. Di antaranya Tan Sri Datuk Haji Hassan bin Haji Azhari dari Malaysia, Syeikh Abdur Rasyid Syeikh Ali Shufi dari Qatar, Fakhrudin Yusuf dari Indonesia, Yusnar Yusuf dari Indonesia, Syeikh Dr Salim bin Ghormallah bin Muhammad Azzahrani dari arab saudi, Syeikh Sayid Ali Abdul Majjid Abduss sammi dari Mesir, Syeihk Dr Samih Ahmad Kholid Athamneh dari Yordania serta Awang Haji Abdur Rajid Haji Muhammad Shaleh dari Brunai Darussalam.

Achmad menambahkan saat ini hampir sebagian besar peserta, dewan hakim, dan perlengkapan penunjang sudah berada di . Khusus peserta, Najib memperkirakan paling lambat pada Senin malam mereka sudah tiba di hotel tempat menginap. Pembukaan Internasioanl ini akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Boediono.

Sebelumnya juga diberitakan, pPada hari pertama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin hadir dan meresmikan Pameran Expo Islami dan Pagelaran Seni Daerah Internasional 2014. Di mana ada 91 stand produk Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumsel yang ikut meramaikan even internasional Islami perdana di pulau Sumatera.

"Sudah ada 37 negara peserta yang hadir dan 3 negara lainnya mungkin akan tiba malam ini di . Dari 53 negara yang kita undang, hanya 40 negara peserta yang bisa hadir," kata Alex Noerdin dalam sambutannya pada pembukaan Pameran Expo Internasional di PSCC, Senin (22/9/2014).

Beberapa negara yang ikut hadir dalam kegiatan ini di antranya Malaysia, Brunai Darussalam, Kuwait, Belgia, Saudi Arabia, Mesir, Amerika, Indonesia, Qatar dan lainnya. Acara yang digelar selama 22-27 September 2014 ini juga dihadiri Wapres Budiono.

Wapres Budiono tiba sekitar pukul 14.00 WIB di dan disambut langsung oleh Alex Noerdin. Pada pukul 19.00 WIB, Budiono langsung membuka even Internasional.

Sementara Ketua Dewan Hakim Internasional Anis Saggaf menambahkan, setiap negara minimal mengirimkan 3 peserta yang terdiri dari Qori, Qori-ah dan Hafidz Alquran. "Kita nanti akan menilai masalah kualitas bacaan, lagu, tajwid, dan lainnya. Ada 18 orang dewan hakim dari 12 negara, di antaranya Indonesia, Mesir, Kuwait, Qatar," jelas Anis.


Selain itu, panitia juga sudah mendapatkan kepastian dari negara peserta, seperti Maroko, Mesir, Palestina, Filipina, Rusia, Singapura, Sudan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, Tunisia, Turki, Uganda, Uni Emirat Arab, Yordania, Libanon, Jerman, Tiongkok, Kongo, Prancis, Ghana, Guinea, India, Inggris, Iran, serta Kroasia.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jambret di Bakar Massa saat Kepergok Aksinya di Depan Kantor Kelurahan Srimulya Palembang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO