Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila, Badrut Tamam Santuni Veteran

Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila, Badrut Tamam Santuni Veteran

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan H. memimpin upacara Hari yang digelar di halaman Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Senin (01/10) pagi.

Upacara hari tersebut diikuti anggota TNI-Polri, pegawai OPD, Satpol PP, dan para siswa sekolah. Tampak hadir Wakil Bupati Pamekasan Raja'e, jajaran Forum Komuniksai Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD pamekasan serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Setelah upacara, didampingi Raja'e memberikan santunan terhadap para veteran yang telah berjasa dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Dalam wawancaranya, Badrut mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga rasa nasionalisme. "Refleksi Hari ini sangat penting bagi kita semua, demi meningkatkan rasa nasionalisme. Karena Pancasila sebagai ideologi, kita menjadi satu negara (Indonesia)," kata Bupati Pamekasan .

Pihaknya mengajak generasi muda untuk selalu komitmen sekaligus merefleksikan nilai-nilai pancasila. "Kita harus membangun dan menjadikan ideologi bangsa (Pancasila) menjadi keyakinan dan perilaku, orientasi kita bagaimana mendorong generasi muda agar komitmen merealisasikan nilai Pancasila," ungkapnya.

"Bersamaan dengan momentum Hari ini, kita harapkan bisa menumbuhkan kembali kesadaran dan kecintaan kita terhadap kesatuan dan kedaulanan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tegasnya.

Dari itu, pihaknya juga berencana untuk kembali menggali dan menggagas berbagai nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa. "Beberapa tahun lalu kami sempat melaksanakan kegiatan menjadikan pelajar sebagai pahlawan dan lainnya, sehingga mata pelajaran seperti PMP (Pendidikan Moral Pancasila) zaman dulu harus kembali diterapkan," pungkasnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO