Awalnya Dikira Mainan, Penambang Pasir di Situbondo Temukan Granat

Awalnya Dikira Mainan, Penambang Pasir di Situbondo Temukan Granat Anggota Polres Situbondo dan warga saat melihat temuan granat .

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Seorang penambang pasir di aliran Sungai Sampeyan Baru menemukan sebuah granat yang diduga sisa perang kemerdekaan RI, Sabtu (20/1).

Erfan (45) warga Desa Suling, Kecamatan Cermee, Bondowoso yang pertama kali menemukan granat tersebut. Ia melihatnya saat menyelam di dasar sungai untuk mengambil pasir dengan menggunakan peralatan manual.

Ia sempat mengira benda berkarat yang ditemukan itu merupakan pemberat pancing atau mainan berbahan besi yang hanyut saat terjadi banjir bandang. Beruntung, sebelum dibawa pulang salah satu temannya curiga jika benda adalah granat. Takut meledak, granat itu langsung dilempar Erfan ke tegalan warga, dan melaporkannya ke polisi.

“Begitu ditemukan benda yang dikira mainan itu sempat dibuat lempar-lemparan oleh Erfan dan Kusno. Setelah saya lihat benda itu kok seperti granat, mendengar benda itu adalah granat dan takut meledak, langsung dilemparkan ke ladang dan saya laporkan ke aparat Polsek kota,” kata Sumarjo.

Mendapat laporan penemuan granat, Kapolsek Kota Kasatreskrim AKP Masykur, Kabag Ops Polres Kompol Sumarsono bersama anggotanya langsung mendatangi lokasi penemuan di Dusun Cangkring, Desa Kotakan, Kecamatan .

“Untuk memastikannya, kami sudah koordinasi dengan Unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob Bondowoso terkait temuan benda berbahaya ini,” terang Kabag Ops Polres Kompol Sumartono di lokasi.

Saat ditemukan, kondisi granat memang sudah cukup usang dan berkarat. Belum diketahui, apakah granat masih dilengkapi pemicu atau tidak. Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk, polisi langsung memasang garis polisi di sekitar lokasi granat.

“Personil Jibom Brimob sudah perjalanan ke lokasi untuk mengamankan granat itu. Nanti mereka yang akan menyelidiki apakah granat itu masih aktif atau tidak,” pungkasnya. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO