Pemerintah akan Konversi Subsidi Elpiji 3 Kg ke 5,5 Kg

Pemerintah akan Konversi Subsidi Elpiji 3 Kg ke 5,5 Kg Ir Wahyu Prihartono MT, Kadis Perindagtam.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Penggunaan tabung 3 kg yang harusnya dinikmati masyarakat miskin, ternyata orang kaya pun menikmati 3 kg ini. Agar tepat sasaran, pemerintah berencana akan mengalihkan atau mengonversi, dari ukuran 3 kg ke ukuran 5,5 kg.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) Kabupaten Sampang Ir Wahyu Prihartono MT, mengemukakan hal ini, kemarin.

"Banyak 3 kg digunakan orang mampu. Seperti rumah makan dan restoran. Yang seharusnya mereka menggunakan yang 12 kg. Jadi subsidi yang diberikan pemerintah salah sasaran," jelasnya.

Rencana pengalihan penggunaan gas itu akan segera diberlakukan sekitar bulan Oktober 2017, dengan terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi. "Sekarang Pertamina lagi melakukan pengkajian terhadap konversi itu. Sebab, bila dikalkulasi harganya lebih murah yang ukuran 5,5 kilo gram itu,” tandasnya.

Selain itu, menurut Wahyu Prihartono, sejak terjadi konversi dari minyak tanah ke gas mulai 2009, kebutuhan gas terus meningkat. Akibatnya, saat ini Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) mengimpor gas sekitar 70 persen. Untuk memenuhi kebutuhan gas secara nasional.

“Dulu, sejak pakai minyak, pemerintah subsidi sampai 7 ribu lebih per liter. Akhirnya, dikonversi ke gas. Subsidinya menjadi Rp 2.500. Pemerintah mempunyai cadangan sebesar Rp 179 triliun. Bentuk realisasinya, pemerintah memberikan tabung gas 3 kg dengan kompornya," pungkasnya. (hri/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO