Mathur Husyairi, Aktivis Anti Korupsi yang Pernah Ditembak (3): Korupsi di Jatim Sudah Dipetakan KPK

Mathur Husyairi, Aktivis Anti Korupsi yang Pernah Ditembak (3): Korupsi di Jatim Sudah Dipetakan KPK Mathur Husyairi

BANGSAONLINE.com - Mathur Husyairi yang pernah tertembak di depan rumahnya di Bangkalan Madura lantaran keberaniannya mengungkap kasus-kasus korupsi, ternyata sudah sejak lama berkecimpung dalam lembaga-lembaga sosial maupun gerakan mahasiswa saat masih berstatus mahasiswa. Keberaniannya pun tak urung membuat keluarganya khawatir meski akhirnya menyadari jalan yang diambil Mathur benar walau penuh risiko.

Waktu jadi mahasiswa aktif di organisasi mahasiswa apa atau ada organisasi dan LSM yang menempanya?

Di kampus IAIN saya aktif di PMII, KPMKB (Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Kalimantan Barat), Ikatan Mahasiswa Bangkalan (IKAMABA), pernah membentuk organ taktis menyikapi kerusuhan Sambas dan Sampit, namanya Gerakan Peduli Sosial (GPS).

pa ada pendidikan khusus dari orang tua sehingga Anda menjadi ?

Simple, Kejujuran dan Keikhlasan dalam bertindak.

Bagaimana respon keluarga Anda ketika tahu Anda memilih jalur penuh risiko ini?

Awalnya keluarga khawatir karena sangat berisiko, apalagi kultur Madura yang selalu muncul negatif, karena saat itu yang berkuasa adalah Fuad Amin, hampir semua elemen dan kekuatan terkonsolidir di bawah cengkeramannya.

Karena saya meyakini apa yang saya lakukan adalah sebuah kebenaran dan membela hak rakyat, dan saya tetap bertahan pada prinsip saya, maka keluarga hanya bisa mendukung dan mendoakan. Meskipun ternyata kekhawatiran keluarga terjadi, saat saya ditembak orang tak dikenal.

Kabarnya Anda dekat dengan KPK? Bagaimana ceritanya? Sejak kapan?

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO