HUT Provinsi Jatim ke-71, Pemkab Sidoarjo Gelar Panggung Dolanan Anak

HUT Provinsi Jatim ke-71, Pemkab Sidoarjo Gelar Panggung Dolanan Anak UNJUK KEBOLEHAN: Para siswa SD menari Tari Remo kala Panggung Dolanan Anak dan Remaja, di Pendopo Delta Krida Disporabudpar Sidoarjo, Sabtu (29/10) malam. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Memperingati HUT Provinsi Jatim ke-71, menggelar Panggung Dolanan Anak dan Remaja, di Pendopo Delta Krida Kantor Disporabudpar Sidoarjo, Sabtu (29/10) malam.

Kegiatan tersebut diisi berbagai lomba kesenian, di antaranya lomba karawitan yang diikuti siswa SMP dan SMA serta lomba tari Remo yang diikuti siswa TK dan SD.

Selain lomba kesenian, Panggung Dolanan Anak dan Remaja ini juga menampilkan kesenian Campursari Kenanga Indah Sidoarjo.

"Selain untuk memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur, kegiatan tersebut sekaligus untuk melestarikan kesenian daerah. Melalui panggung dolanan anak, diharapkan generasi muda saat ini dapat ikut melestarikan kesenian budaya bangsa," cetus Kabag Humas dan Protokol , H Machmudi Ali, saat membuka kegiatan tersebut.

Kata H Machmudi Ali, perkembangan seni dan budaya dapat dilihat dari geliat kesenian yang ada. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri perkembangan seni dan budaya menunjukkan ke arah yang positif. Hal tersebut dapat dilihat dari sering adanya pertunjukkan kesenian daerah. Seperti kesenian campursari yang sering dinikmati masyarakat Sidoarjo.

Ia juga mengatakan melalui event-event seni budaya yang ada menunjukkan kesenian Indonesia masih tetap lestari. Oleh karena itu seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat terus menggiatkan kesenian-kesenian daerah di wilayahnya.

H Machmudi Ali mengatakan dengan beraneka ragam jenis kesenian akan memunculkan pelaku seni atau seniman baru. Dengan begitu kesenian yang ada akan dapat terus dilestarikan. Namun di sisi lain, menumbuh kembangkan kesenian bukanlah pekerjaan yang ringan. Dibutuhkan sinergisitas bersama untuk mewujudkannya.

Dia pun menegaskan jika tumbuh dan berkembangnya suatu kesenian bukan hanya tugas pemerintah saja. Melainkan juga pekerjaan bersama antara seluruh elemen masyarakat. Untuk itu pemerintah akan selalu mendukung kesenian yang ada di masyarakat. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO