Munajat 1000 Santri di Sidoarjo, Penyair KH Zawawi Imron Kobarkan Semangat Santri

Munajat 1000 Santri di Sidoarjo, Penyair KH Zawawi Imron Kobarkan Semangat Santri KH Zawawi Imron saat baca puisi dalam Malam Munajat 1000 Santri, di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (22/10) malam. foto : mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penyair KH Zawawi Imron meminta para santri untuk terus belajar sehingga bisa ikut andil membangun bangsa Indonesia. Gelora semangat itu disampaikan dalam Tausiyah dan pembacaan puisi di depan ribuan santri yang menghadiri Malam Munajat 1000 Santri dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2016 yang digelar Pemkab Sidoarjo, di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (22/10) malam.

Dalam tausiyahnya, kiai yang juga penyair asal Madura ini meminta para santri untuk terus semangat belajar. Semangat santri adalah semangat belajar. Dia meminta para santri juga belajar memahami persoalan ke depan. "Santri juga harus belajar ilmu perbintangan, bukan perdukunan," cetus KH Zawawi Imron.

Selain Tausiyah, kiai-penyair berjuluk Si Celurit Emas ini juga "membakar" semangat para santri melalui puisi "orasi bakti santri untuk negeri". Puisi ini berkisah tentang resolusi jihad NU yang dicetuskan KH Hasyim Asyari dan menjadi bara semangat para santri asal Surabaya, Sidoarjo, Gresik hingga Pasuruan melawan tentara Belanda yang berniat kembali menjajah Indonesia dengan membonceng tentara Sekutu, sehingga terjadilah pertempuran 10 November.

Selain dari Kiai Zawawi Imron, para santri juga dimotivasi oleh Kholidi Asadil Alam, pemeran utama film "Ketika Cinta Bertasbih". Kholidi merupakan aktor kelahiran Bangil Pasuruan, yang juga seorang santri.

"Saya ingin santri juga bisa mewarnai dunia entertainment," cetusnya. Karena itu, Kholidi mengaku tidak menerima semua tawaran bermain film, kecuali yang reliji. Selain Kholidi, juga tampil memotivasi para santri, pemeran Angling Darma yang juga santri asal Madura.

Dalam Malam Munajat 1000 Santri, para santri juga beristighosah, dipimpin oleh Rois Syuriah PCNU Sidoarjo, KH Rofiq Siradj. Hadir dalam acara ini, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan, dan sejumlah anggota DPRD, di antaranya anggota FPKB Isa Hasanuddin.

Sementara, puncak peringatan HSN 2016 di Kabupaten Sidoarjo, dipungkasi dengan Santri Funwalk, Minggu pagi (23/10) tadi di Alun-alun Sidoarjo. Kegiatan tersebut diberangkatkan Bupati Sidoarjo yang didampingi wakil bupati Sidoarjo dan Ketua DPRD Sidoarjo. Ribuan warga nahdliyin mengikuti kegiatan ini. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO