Kenang Pahlawan, Komunitas Sepeda Onthel Sidoarjo Ekspedisi Jalan Daendles Anyar-Panarukan

Kenang Pahlawan, Komunitas Sepeda Onthel Sidoarjo Ekspedisi Jalan Daendles Anyar-Panarukan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Untuk mengenang jasa para pahlawan, belasan komunitas sepeda Onthel seluruh Indonesia cabang Sidoarjo akan menelusuri jalan raya Daendles sepanjang 1000 kilometer mulai dari Anyer sampai Panarukan.

Pemberangkatan secara simbolis itu dilakukan dari depan stadion Gelora Delta Sidoarjo oleh Soetjipto Ketua Formi Kabupaten Sidoarjo, Minggu (23/10).

Dalam perjalanan, ekspedisi sepeda onthel akan melewati 15 kota di antaranya, Anyer, Jakarta, Bandung, Sumedang, Cirebong, Tegal, Semarang, Demak, Lasem, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, dan finish di Panarukan.

Menurut ketua panitia penyelenggara Ari Bayasti mengatakan, kegiatan ekspedisi sepeda onthel ini untuk mengenang pahlawan pembuat jalan raya Deandles.

"Ekspedisi sepeda onthel yang akan dilakukan ini untuk mengenang pahlawan pembuat jalan raya Deandles," Kata Ari Bayasti Ketua penyelenggara pada wartawan di depan Gor Delta Sidoarjo Minggu (23/10).

"Selain itu dengan kegiatan ini kami juga akan bersilaturohim dengan komunitas sepeda onthel di seluruh Indonesia, karena di dalam perjalanan nanti akan diikuti ratusan komunitas sepeda onthel dari berbagai kota. Kami akan menumpuh perjalan 1000 kilometer dari Anyer hingga Panarukan melewati 15 kota, mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 2016," imbuhnya.

Sekadar diketahui, belasan peserta ekspedisi sepeda onthel tersebut rata-rata sudah lanjut usia, di antaranya Syahroni Sukamto (68). Meski begitu, ia menyatakaan sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh.

"Kami mengikuti ekspedisi sepeda onthel ini hanya untuk mengenang para pahlawan, termasuk pahlawan pembuat jalan Deandles yang saat ini sudah dinikmati oleh orang banyak," Kata Syahroni Sukamto (68).

"Kondisi fisik kami sudah siap, sebelumnya kami juga melakukan persiapan dengan cara latihan setiap paginya bersepeda minimal menempuh perjalanan sekitar 30 hingga 40 kilometer," jelasnya. (cat/rev)‬

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO