Puncak Haul Sunan Bonang, Diprediksi akan Didatangi 1 Juta Peziarah dalam Negeri maupun Mancanegara

Puncak Haul Sunan Bonang, Diprediksi akan Didatangi 1 Juta Peziarah dalam Negeri maupun Mancanegara RAMAI: Para peziarah mulai memadati kompleks makam Sunan Bonang Tuban. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang acara puncak haul Maulana Makhdum Ibrahim Kanjeng Tuban ke-507, jumlah peziarah terus berdatangan. Pantauan di area, Rabu (19/10), makam yang berada di Kelurahan Kuterejo, Kecamatan Tuban, semakin dijubeli peziarah setiap harinya.

Informasi yang berhasil dihimpun BANGSAONLINE.com menyebutkan, dalam tiga hari menjelang acara puncak haul ini, total peziarah yang mendatangi makam mencapai setengah juta orang. Diprediksi, saat acara puncaknya, Kamis (20/10) malam, peziarah bisa mencapai 1 hingga 1,5 juta orang.

“Tahun lalu di acara puncak totalnya sekitar 1 juta orang yang datang berziarah, kalau tahun ini kemungkinan bisa meningkat,” terang Ketua Yayasan Mabarrot Tuban, KH Ahmad Mundzir ketika dihubungi BANGSAONLINE.com.

Ia menambahkan, para peziarah tidak hanya berasal dari lokal daerah di Jawa Timur, melainkan dari luar pulau dan luar negeri juga sudah berdatangan. Adapun peziarah dari luar negeri yang sudah hadir menjelang haul yakni, dari Malaysia, Singapura, Yugoslavia dan Turki.

“Tahun ini sepertinya jumlah peziarah semakin bertambah,” ungkap Kiai Mundzir sapaan akrabnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, akan ada serentetan kegiatan menjelang acara puncak, yakni tahlil akbar, istighotsah, khitan massal, parade sholawat, tahtimul Qur’an bin nadhom dan tahtimul Qur’an bil ghoib. Sedangkan, acara puncak yakni, pengajian akbar yang menghadirkan KH Husein Ilyas dari Mojokerto dan Habib Umar Mutohar dari Semarang.

“Pada acara puncaknya kami menggelar pengajian umum, sama dengan tahun-tahun sebelumnya,” sambung ketua Forum Komunikasi Kerukunan Antar Umat Bergama (FKUB) Tuban tersebut.

Terpisah, Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad menyatakan, untuk keamanaan acara haul ini sekitar 340 personil gabungan akan diterjunkan. Personil gabungan tersebut berasal dari Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP. Sebanyak 340 personil tersebut akan disebar diberbagai titik, terutama yang berada di daerah rawan kriminal maupun kejahatan.

Sekadar diketahui, pada acara Haul ke-507 ini panitia mengeluarkan anggaran kurang lebih sekitar Rp 400 juta. Nilai tersebut naik dari tahun 2015 kemarin yang hanya sekitar Rp 300-an juta. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO