Exco PSSI 'Sembunyikan' Hasil Rapat, FIFA Restui Kongres PSSI di Jakarta

Exco PSSI Tony Apriliani

JAKARTA, BANGSAONLINE.com resmi memutuskan menunda kongres tahunan mereka yang dijadwalkan berlangsung Senin (17/10) di Makassar. Berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) di Makassar pada Sabtu (15/10), Sekjen Azwan Karim mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh pemilik suara bahwa kongres akan berlangsung pada 10 November di Jakarta.

Exco merujuk kepada surat yang dikirimkan Sekjen FIFA Fatma Samoura pada Jumat (14/15) yang berisikan restu untuk menggelar kongres dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco ini di Jakarta.

Surat ini sekaligus mengungkap cerita menarik bahwa para petinggi menyembunyikan hasil rapat Exco dari publik pada Kamis (13/10) malam.

Kepada awak media, Plt Ketua Umum Hinca Panjaitan menjelaskan bahwa tetap pada keputusan semula dengan menggelar Kongres di Makassar pada 17 Oktober. Alasannya, ini merupakan hasil keputusan yang sudah dibuat oleh Exco dan jika tak dipatuhi akan melanggar Statuta pasal 29 ayat 2.

Hinca menegaskan perwakilan tetap akan berangkat ke Makassar untuk menemui delegasi FIFA yang juga akan hadir di sana pada Sabtu kemarin.

Akan tetapi berdasarkan surat FIFA, terungkap bahwa Exco sebenarnya sudah memutuskan kongres di Jakarta, merujuk pada kesepakatan dengan Menpora Imam Nahrawi pada Rabu (12/10) di Kemenpora. Saat itu, Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah kongres sebagai jalan tengah.

Anggota Exco Tony Apriliani punya alasan kuat atas sikap yang diambil Hinca tersebut. Menurut dia, Hinca yang juga bagian dari Exco mengambil jalan tersebut agar tidak terjadi gejolak dan menjaga suasana kondusif.

"Sebelum rapat Exco yang di Jakarta itu, kami sudah menjalin komunikasi dengan FIFA tentang pemindahan lokasi kongres ke Jakarta seperti keinginan pemerintah. Tapi karena waktunya mepet, tak mungkin kami menggelarnya pada 17 Oktober sehingga meminta kepada FIFA agar bisa melaksanakannya pada 17 November di Jakarta," ungkap Tony.

FIFA, kata Tony, ternyata tak bisa memutuskan segera dan meminta waktu untuk merapatkan hasil ini. Di sisi lain, harus menjaga agar tidak ada respons negatif dari sebagian pemilik suara. Sehingga, meskipun rapat Exco pada Kamis malam di Jakarta sudah memutuskan kongres akan digelar di Jakarta tapi dengan waktu yang molor, tak serta merta mengumumkannya. malah mengumumkan kepada awak media akan tetap menggelar kongres di Makassar sesuai jadwal semula.

"Kami harus menjaga perasaan Makassar yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan penyelenggaraan kongres ini. Kami juga tak mau ada perlawanan lagi dari pemilik suara yang bisa saja menolak penundaan karena merasa sudah siap ikut kongres di Jakarta sesuai jadwal awal. Padahal, dari pihak tidak siap dari sisi logistik memindahkan lokasi kongres tersebut dalam waktu mepet," ungkapnya.

akhirnya mendapatkan jawaban resmi dari FIFA lewat surat dari Sekjen Samoura pada Jumat sekitar pukul 24.00. Sementara pihak Kemenpora mendapatkan salinan keputusan tersebut pada Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00.

Berbekal surat ini, kata Tony, pun bisa lebih tenang melangkah. Sebab, kata dia, ini merupakan titah yang harus dilaksanakan semua pihak.

"Kami pun bersyukur waktunya bisa lebih cepat, bukan 17 November atau empat pekan dari jadwal awal seperti yang kami usulkan, tapi menjadi tiga pekan saja," ujarnya.

Sumber: viva.com/republika.co.id

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO