Lomba Karya Cipta Batik 2016, Dimeriahkan Para Perancang Motif Batik Banyuwangi

Lomba Karya Cipta Batik 2016, Dimeriahkan Para Perancang Motif Batik Banyuwangi Kadisperindagtam, Hary Cahyo Purnomo foto bersama Seksi Ilometa dan para juri.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kantor Dinas Perindustrian,Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi mengadakan lomba cipta desain batik yang diikuti para perancang batik se Kabupaten Banyuwangi.

Lomba karya cipta batik yang digelar di aula Disperindagtam, Selasan (13/9) itu diikuti 132 hasil karya peserta desain motif batik yang kemarin diseleksi untuk penilaian tahap pertama.

Tri Djoko seksi Ilometa menjelaskan, dari 132 hasil karya peserta ini akan diseleksi menjadi 20 karya terbaik yang akan diikutkan dalam penilaian tahap kedua.

Sebelum memasuki tahap kedua, kantor Disperindagtam mengadakan workshop cara perwarnaan dan cara mencanting batik kepada para peserta.

Setelah itu, 20 desain motif batik yang lolos seleksi tahap pertama, akan dinilai lagi hasil pewarnaanya dan juga hasil mencantingnya pada penilaian tahap kedua.

Kadisperindagtam, Ir. Hary Cahyo Purnomo, Msi mengatakan, diadakannya lomba ini dimaksudkan agar para perancang batik Banyuwangi bisa menciptakan motif motif batik baru, penge rajin batik bisa mengembangkan ide dari motif yang sudah ada.

“Kreatifitas para perancang batik harus di tonjolkan dan para perancang dalam mendesain motif di bolehkan memodif karya yang baru asalkan tetap mengakomodir ke khasan daerahnya,” imbuhnya.

Hary juga menambahkan, para perancang batik harus mengerti cara menuangkan gambar ke atas kain sesuai dengan pakem pembuatan batik, yakni menggunakan canting tulis dan malam sebagai pewarnaanya.

“Maka dari itu, para perancang batik Banyuwangi harus kreatif menciptakan motif baru, Karena menciptakan desain motif baru merupakan salah satu cara untuk memicu pasar baru ataupun memperluas pasar yang sudah ada,” pungkasnya. (bw1/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO