Lomba Perahu Hias Antar Nelayan di Desa Pangkah Wetan, Cara Menggelorakan Semangat Nelayan

Lomba Perahu Hias Antar Nelayan di Desa Pangkah Wetan, Cara Menggelorakan Semangat Nelayan Para peserta lomba perahu hias saat menunjukkan kebolehannya dalam bermanuver. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Untuk menggelorakan semangat nelayan di Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujungpangkah dalam bekerja, Pemerintahan Desa Pangkah Wetan menggelar lomba perahu hias antar nelayan.

Lomba tersebut diikuti oleh puluhan nelayan. Mereka menghias perahu mereka dengan bermacam-macam hiasan seperti ikan paus, kapal pesiar, kapal Dewaruci, rajungan, ikan hiu, kura-kura, ular naga, bandeng dan lainnya.

Kegiatan yang sekaligus memperingati HUT RI ke-71 tersebut mendapatkan animo besar dari masyarakat. Ribuan warga Desa Pangkah Wetan tersebut tumplek blek di bibir sungai Bengawan Solo.

Mereka terlihat sangat gembira. Sorak sorai dan tepuk tangan terus menggema ketika para peserta lomba lakukan manuver menunjukkan keindahan perahu yang mereka hias.

"Senang Pak. Ini hiburan. Tidak mesti setahun sekali," kata Rukiyah, salah satu warga Pangkah Wetan.

Kades (kepala desa) Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Saifullah Mahdi mengatakan, lomba perahu hias untuk menghidupkan tradisi. Sebab, sudah 20 tahun kegiatan seperti ini sudah tidak dilakukan. "Ini ibaratnya uri-uri tradisi agar tidak punah," katanya di sela-sela menyaksikan lomba perahu hias.

Sandi, begitu panggilan akrab Saifullah Mahdi menyatakan, kegiatan tersebut selain hiburan, juga sebagai upaya untuk menyemangati para nelayan dalam beraktivitas sebagai nelayan.

Dia berharap kegiatan tersebut tahun ke tahun bisa dilakukan. Terlebih, dalam meramaikan HUT RI. Sehingga, kegiatan tersebut tidak punah. "Kami berharap kegiatan ini juga bisa menjadikan ajang wisata tahunan," pungkasnya. (hud/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO